web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Sebarkan Hate Speech, Oknum Guru SMA Dilaporkan
    net

    Sebarkan Hate Speech, Oknum Guru SMA Dilaporkan

    JuaraNews, Cimahi – Seorang oknum pengajar sebuah SMA negeri di Kabupaten Bandung terpaksa harus berurusan dengan polisi.

    Oknum guru berinisial Al itu diamankan oleh petugas Polres Cimahi karena diduga telah melakukan penghinaan atau ujaran kebencian (hate speech) terhadap Imam besar FPI Habib Rizieq Syihab via media sosial facebook.

    Pelaku yang tercatat sebagai warga Kecamatan Margaasih tersebut, menuliskan sesuatu di laman media sosial Facebook pada Sabtu (27/5/2017) sore hari dan kemudian menjadi viral. Tulisan itu pun akhirnya diketahui anggota ormas FPI yang kemudian melayangkan laporan ke Polres Cimahi.

    “Memang benar ada pelaporan kasus terkait dugaan penghinaan di media sosial dan saat ini pemeriksaan terhadap kasus itu sedang dilakukan,” ungkap Kasatreskrim Polres Cimahi AKP Niko N Adi Putra, Senin (29/5/2017).

    Namun pihaknya membantah telah melakukan penangkapan dan penjemputan terhadap terduga. Pihaknya hanya menghubungi yang bersangkutan setelah ada laporan dari masyarakat dan akhirnya dia datang sendiri ke Mapolres Cimahi.

    Saat ini pihaknya belum melakukan penahanan terhadap AI, karena pemeriksaan terkait dugaan tindakan hate speech harus melibatkan ahli bahasa agar tidak terkesan subjektif. Apabila dalam proses pemeriksaan ahli dan dalam perkembangan kasusnya nanti justru memberatkan yang bersangkutan, lanjutnya maka status yang bersangkutan bisa dinaikkan.

    "Perspektif setiap orang berbeda, untuk itu peran ahli bahasa sangat dibutuhkan. Apakah ujaran kebencian yang dibuat AI ini termasuk kedalam kategori ujaran kebencian atau bukan,” ucapnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Cak Min Usulkan Moratorium Pasar Modern
     16 Tahun, Kota Cimahi Masih Terus Berbenah Diri
    Tim Terpadu Kota Cimahi Waspada Parcel Kedaluwarsa
    PPP Beri Sinyal Dukung Emil di Pilgub Jabar
    Konsumsi Air PDAM Selama Puasa Naik 10%
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.