web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kuota Sekolah Negeri Hanya 35% dari Total Lulusan
    net

    Kuota Sekolah Negeri Hanya 35% dari Total Lulusan

    JuaraNews, Bandung – Daya tampung atau kuota SMA/SMK negeri di Jawa Barat hanya sekitar 35% dari total jumlah lulusan SMP. Untuk itu sekolah swasta diharapkan bisa menampung jumlah lulusan yang tidak tertampung di negeri.

    “Di Jawa Barat ini ada sekitar 733.000 siswa yang lulus dari SMP, sementara  kuota SMA/SMK negeri di Jawa Barat hanya 35%. Jadi diharapkan sisanya yang tidak tertampung di negeri bisa melanjutkan ke sekolah swasta,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Ahmad Hadadi, Senin (29/5/2017).

    Ahmad mengatakan di Jawa Barat ini sekolah swasta jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan sekolah negeri. Untuk itu dirinya meminta agar siswa yang tidak masuk di negeri untuk tidak khawatir karena sekolah swasta banyak yang bisa menampung mereka.

    Lebih lanjut, dia menyebutkan jika Pembukaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun 2017 ini akan dibuka dua Jalur, yaitu akademik dan afirmasi. Jalur akademik memiliki kuota sebesar 60% dan afirmasi  40% dari kuota masing-masing sekolah.

    Untuk jalur akademik, calon peserta didik akan diseleksi berdasarkan hasil US dan atau UN sebagai dasar utama seleksi. Setiap sekolah memiliki passing grade untuk menyeleksi pendaftar. Sedangkan jalur afirmasi diperuntukkan bagi kelompok tertentu sebagai apresiasi, yang kriteria utamanya bukan dari kemampuan akademik sekolah.

    "Peserta didik yang jalur akademik bisa daftar lewat online ke situsppdb.jabarprov.go.id. Pendaftaran dan seleksinya akan dibuka untuk SMK pasa 3-8 Juli 2017 sementara SMA 3-10 Juli 2017," sebutnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wings Air Siap Layani Rute Halim-Wiriadinata
    Tenang, Stok Daging Sapi di Kota Bandung Aman
    2.489 Keluarga Dapat Bantuan Pangan Non Tunai
    Aher Didaulat Jadi Khotib Salat Id di Gasibu
    Pemkot Serahkan Pembangunan Kiaracondong ke PT MCP
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      AWAL Ramadan 143 Hijriah jatuh pada Jumat (26/5/2017) malam. Dengan demikian, Sabtu (27/5/2017) umat Islam di Indonesia sudah mulai berpuasa.

      Pilwalkot Bandung