web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    17 Kukang Jawa Dilepasliarkan di TNGC Majalengka
    net

    17 Kukang Jawa Dilepasliarkan di TNGC Majalengka

    JuaraNews, Majalengka - Sebanyak 17 Kukang Jawa (Nycticebus javanicus) dilepasliarkan di hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Desa Bantaragung, Kabupaten Majalengka, Sabtu (27/5/2017). Hewan dilindungi itu diselamatkan dari praktik perdagangan online.

    Dokter Hewan IAR Indonesia drh. Nur Purba Priambada menyebutkan, pelepasliaran ini merupakan inisiasi dari Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Subdirektorat Pencegahan dan Pengamanan Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi Satwa Yayasan IAR Indonesia, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, dan TNGC. “Ada 17 Kukang Jawa yang dilepasliarkan, terdiri dari 10 betina dan 7 Jantan,” ucapnya.

    Menurutnya Kukang Jawa merupakan 25 jenis primata paling terancam punah di dunia. Untuk itu ketika hewan ini diperjualbelikan melalui facebook maka itu telah melanggar. Oleh karena itu tim gabungan  Ditjen Gakkum KLHK dan Kepolisian Resort Majalengka pada Januari lalu menyinta hewan-hewan tersebut dari para pedagangnya.

    “Mereka dilepaskan karena kondisi fisik dan perilaku kukang itu telah layak untuk dilepasliarkan setelah sebelumnya menjalani masa karantina dan rehabilitasi di kaki Gunung Salak, Bogor,” tuturnya.

    Nur menyebutkan konsidi  kukang saat penyelamatan mengalami stess, dehidrasi, dan malnutrisi. Hal itu karena penempatan dalam kandang yang sempit dan pakan tidak sesuai. Pasalnya total Kukang Jawa yang diselamatkan ada 19 individu, namun dua individu (satu bayi dan dewasa) mati karena kondisi kesehatan yang buruk. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    SBY: Pemerintah, BIN, TNI, dan Polri Harus Netral
    SBY: Deddy-Dedi yang Terbaik & Mampu Pimpin Jabar
    Bawaslu Siap 'Melek' 24 Jam Awasi Pilkada di Jabar
    Kawal Pilkada di Jabar, Bawaslu Diminta Netral
    40 Persen Massa PPP Siap Dukung Deddy-Dedi
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.

      Advertisement On Google