ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Awal Ramadan 2017 Dimulai Sabtu (27/5/2017)
    net Menag Lukman Hakim saat jumpa pers awal Ramadan

    Awal Ramadan 2017 Dimulai Sabtu (27/5/2017)

    JuaraNews, Jakarta - Kementerian Agama telah menetapkan 1 Ramadan 1438 Hijriah atau awal puasa tahun 2017 ini jatuh pada Sabtu (27/5/2017).

    Hasil tersebut dipastikan berdasarkan hasil sidang Isbat awal Ramadan yang digelar di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (26/5/2017) sore.

    "Berdasarkan hasil hisab dan rukyat, maka seluruh peserta sidang isbat sepakat bahwa pada Sabtu, 27 Mei 2017, kita akan mengawali puasa. Maka dengan ini, saya sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers di Kementerian Agama, Jumat (26/5/2017) malam.

    Sidang isbat ini dihadiri para duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR, perwakilan dari Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar ilmu falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

    Sidang dimulai pukul 17.00 WIB. Sedangkan sidang isbatnya sendiri baru dimulai selepas magrib. Sebelum sidang isbat Kemenag menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) di 84 yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia dan kemudian menerima paparannya.

    Menurut Lukman, pantauan hilal di 4 tempat, yakni di NTT, Sulawesi Utara, Jawa Timur, dan Kepulauan Seribu para petugas yang sudah diambil sumpahnya mengaku telah melihat hilal. Ketinggian hilal lanjut Menag Lukman juga sudah berada di ketinggian 8,51 derajat dan umur hilal sudah 14 jam, 53 menit.

    "Berdasarkan hasil laporan itulah maka awal Ramadan ditetapkan jatuh pada hari Sabtu," tandas Lukman. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    BKPM Dukung Akselerasi Pemulihan Ekonomi Jabar
    Kualitas SDM dan Infrastruktur Jadi Daya Tarik Jabar di Sektor Investasi
    Ketua Kadin Jabar Siap Dorong Pemulihan Ekonomi Ditengah Pandemi
    Kalobarasi Jadi Kunci Kuatkan UMKM di Tengah Pandemi
    TNI Manunggal Membangun Desa Wujudkan Mimpi jadi Kenyataan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads