web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Warga Percaya Angkor Wat Dibangun Dalam 1 Malam

    Warga Percaya Angkor Wat Dibangun Dalam 1 Malam

    JuaraNews – Candi Angkor Wat berdiri di Siem Reap, Kota Angkor, Kamboja. Bangunan monumental itu dibangun oleh Kerajaan Khmer untuk memuja Dewa Wisnu. Arsitektur candi ini manifestasi dari Gunung Mahameru, gunung mitologi dalam agama Hindu atau Gunung Olimpus dalam mitologi Yunani.

    Kompleks candi yang dibangun oleh Raja Suryawarman II ini menghadap ke Barat. Dalam kepercayaan Hindu, arah Barat melambangkan kematian. Karena itu, para ahli menduga, awalnya Angkor Wat dibangun dengan tujuan untuk makam. Sementara bangunan tempat tinggal bangsawan dan Istana Khmer menghadap ke Timur.

    Pada akhir abad ke-12, kompleks candi Hindu ini berubah menjadi tempat pemujaan umat Budha. Kemegahan Angkor Wat telah terkenal sejak ratusan tahun lalu. Pada akhir abad ke-12, banyak orang dari berbagai negara mengunjungi kompleks candi ini. Dalam catatan sejarah, orang-orang yang pernah berkunjung ke sana menggambarkan Angkor Wat sebagai situs misterius.

    Salah satunya diungkapkan oleh Zhou Daguan yang datang ke Angkor Wat pada Agustus 1296. Dia menetap di sana selama satu tahun hingga Juli 1297. Zhou merupakan diplomat yang diutus Raja Chengzong yang berkuasa di Yuan, China. Saat itu Kerajaan Khmer dipimpin oleh Raja Indrawarman III.

    Zhou menulis bahwa candi itu berciri khas arsitektur yang berangkat dari nilai-nilai dan budaya Kamboja. Dia juga menuturkan tentang kebiasaan penduduk, praktik keagamaan, peran wanita, dan budak dalam masyarakat. Zhou menyatakan, sebagian besar penduduk Kamboja percaya bahwa candi Angkor Wat dibangun dalam satu malam oleh arsitek gaib.

    Namun para ahli meyakini bahwa Angkor Wat dibangun selama 30 tahun. Kompleks Angkor Wat berdiri lebih tinggi dibanding bangunan-bangunan lain di sekitarnya. Ini dimaksudkan bahwa Angkor Wat merupakan manifestasi Gunung Mahameru, tempat tinggal para dewa dan dewi Hindu. Candi ini dikeliling danau buatan yang disebut Baray.

    Nama Angkor Wat memiliki arti Kuil Kota. Angkor merupakan perubahan bentuk kata dari nokor yang bahasa Sansekerta berarti kota. Sedangkan Wat berasal dari bahasa Khmer yang berarti kuil atau candi. Karena kemegahan dan keunikannya, Angkor Wat masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1992. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Lahan Parkir di Hong Kong Laku Rp8,8 Miliar
    Indahnya Patung Pasir Karya Toshihiko Hosaka
    Beruang Madu Masuk Rumah dan Main Piano
    Bergeun, Desa Yang Tak Boleh Dipotret
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.