web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Babe I’m Gonna Leave You dan David Beckham

    KING ARTHUR

    Babe I’m Gonna Leave You dan David Beckham

    JuaraNews – Film King Arthur: Legend of the Sword garapan sutradara Guy Ritchie menjadi buah bibir. Bukan saja lantaran film ini memotret jauh sebelum Arthur menjadi Raja Inggris, tapi juga soundtrack film dan keterlibatan pesepak bola dan model iklan David Beckham yang memerankan karakter Trigger.

    Babe I’m Gonna Leave You adalah lagu yang digunakan sebagai musik latar di film ini. Lagu tersebut merupakan ciptaan Anne Bredon alias Anne Johannsen, pencipta lagu asal California, Amerika Serikat. Babe I’m Gonna Leave You diciptakan Anne pada akhir 1950. Saat masih kuliah di University of California, Berkeley, Anne menyanyikan lagu itu di atas panggung dalam acara The Midnight Special yang disiarkan langsung oleh stasiun radio KPFA.

    Pada 1962, lagu rakyat itu direkam oleh penyanyi Joan Baez pada 1962. Joan merilis album Joan Baez in Concert, Part I. Namun Babe I’m Gonna Leave You semakin populer setelah digubah oleh band rock legendaris Led Zeppelin dan memasukkan lagu itu dalam album debut Led Zeppelin yang dirilis pada 1969.

    Selain Joan Baez dan Led Zeppelin, lagu itu juga telah dinyanyikan dalam berbagai versi. Seperti oleh band Plebs pada 1964, The Association pada 1965, dan Mark Wynter juga 1965. Pada 1967, Babe I’m Gonna Leave juga dinyanyikan oleh Man, band asal Welsh.

    Sementara itu, gitaris Jimmy Page dan vokalis Robert Plant merupakan penggemar Joan Baez. Setelah digubah ke versi berbeda, lagu Babe I’m Gonna Leave yang dibawakan Led Zeppelin mendunia. Meski begitu, lagu itu mencantumkan nama Anne Bredon sebagai pencipta asli sehingga Anne mendapatkan royalti asal karyanya.

    Sekadar untuk diketahui, album Led Zeppelin yang memuat lagu Babe I’m Gonna Leave You dengan sampul bergambar pesawat balon udara Zeppelin yang terbakar di Hindenburg, dirilis pada 12 Januari 1969. Album menjadi album self-titled bersejarah bagi Led Zeppelin.

    Album perdana tersebut menjadi tonggak kebangkitan Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham di blantika musik dunia. Uniknya album Led Zeppelin dirilis pertama kali di Amerika Serikat. Kemudian dirilis di Inggris, pada 31 Maret 1969 oleh Atlantic Recrods.

    Sejak album itu diluncurkan, Led Zeppelin menjadi band paling disegani dan berpengaruh besar dalam percaturan musik rock dunia kala itu. Nama besar Led Zeppelin makin kuat menancap di jagad musik setelah mereka menelurkan album Led Zeppelin II dan III.

    Kelahiran album perdana itu tak lepas dari bubarnya band The Yardbirds, pada Agustus 1968. The Yardbirds merupakan band lama Jimmy Page. Lantaran kontrak dengan produser belum selesai, Page bertanggung jawab menyelesaikan konser di Skandinavia dengan The Yardbirds, pada  September 1968.

    Karena The Yardbirds sudah bubar, Page kemudian merekrut basis John Paul Jones, vokalis Robert Plant, dan dramer John Bonham. Mereka mengusunga nama band The New Yardbirds. Setelah urusan kontrak konser selesai, Jimmy Page mengganti nama kelompok itu dengan Led Zeppelin.

    Tidak butuh waktu lama, mereka segera menyelesaikan rekaman sebagai Led Zeppelin, pada Oktober 1968. Rupanya selama tur di Skandinavia, para personel The New Yardbirds mempersiapkan materi lagu untuk Led Zeppelin.

    Pada 2014, album Led Zeppelin di-master ulang. Begitu juga album Led Zeppelin II, dan Led Zeppelin III.  Para pembaca majalah musik Classic Rock mengadakan voting tentang lagu dengan bagian solo gitar terbaik. Hasilnya, Stairway To Heaven milik Led Zeppelin dinobatkan sebagai solo gitar terbaik sepanjang masa.

    Led Zeppelin merupakan band yang dibentuk di London, Inggris pada September 1968. Robert Plant, Jimmy Page, John Paul Jones, dan John Bonham puluhan tahun malang melintang di blantika musik dan mencetak puluhan hits. Sebut saja beberapa di antaranya, Stairway to Heaven, Black Dog, Babe I’m Gonne Leave You, Whola Lotta Love, Kashmir, Immigrant Song, Heart Breaker, D’yer Maker, dan The Ocean.

    Sebelumnya, band ini mengusung nama The New Yarbirds. Setelah teken kontrak dengan Atlantic Records, Robert Plant dan Jimmy Page mengganti nama band menjadi Led Zeppelin. Pada 1969, Led Zeppelin merilis album perdana Led Zeppelin dan Led Zeppelin II.

    Satu tahun kemudian, 1970, mereka menelurkan album Led Zeppelin III. Disusul kemudian Led Zeppelin IV pada 1971. Di dalam album ini terdapat lagu legendaris Stairway to Heaven. Pada 1973, Robert Plant dan kawan-kawan merilis Houses of the Holy. Terakhir mereka meluncurkan album Physical Graffiti pada 1975. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    It 2 Tayang di Bioskop pada 6 September 2019
    Kristen Stewart Berakting di Charlie’s Angels
    Di Star Trek Discovery Ada Wayang Kulit
    Ini Aksi Alicia Vikander sebagai Lara Croft
    Canggihnya Robot Baru Pacific Rim Uprising
    Berita Terdahulu

    Editorial