web stats service from statcounter

Hot News

  • Pelatih Persib: Kami Baik-baik Saja
    Pelatih Persib: Kami Baik-baik Saja
    • 24 Mei 2017 | 06:09:00 WIB

    DJADJANG Nurdjaman memastikan skuatnya tetap harmonis seusai hanya menuai hasil imbang 2-2 saat menjamu Borneo FC, Sabtu (20/5/2017) lalu.

Inspirasi

    Desain Gedung WJACC Berkonsep Nasi Tumpeng
    net

    Desain Gedung WJACC Berkonsep Nasi Tumpeng

    JuaraNews, Bandung – Pemprov Jabar menyiapkan anggaran Rp600 miliar untuk membangun Gedung Pusat Kesenian dan Budaya Jawa Barat. Rencananya Gedung Pusat Kesenian dan Budaya Jawa Barat atau West Java Art and Cultural Centre (WJACC) akan dibangun di Jalan Pahlawan.

    Sejauh ini desan gedung tersebut sudah diketahui. Yakni mengambil dari pemenang sayembara desain WJACC yang diikuti oleh 110 peserta. Dari jumlah ini ada 68 peserta yang memasukkan berkas dokumen fisik. Sementara dokumen yang layak dipajang untuk dinilai sejumlah 67 berkas dari 68 Peserta.

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyayangkan, dari lima nominasi yang masuk babak final tidak ada desain hasil karya peserta asal Jawa Barat. "Dua desain berasal dari Jakarta, satu desain masing-masing dari Solo, Semarang, dan Yogyakarta," ucapnya.

    Kelima nominasi dinilai oleh Tim Juri dan diperlihatkan kepada publik di Aula Timur Gedung Sate Bandung. Konsep kelima nominasi tersebut memiliki tema unik dan menarik, yaitu: (1) Menari di Panggung Alam, (2) Persembahan Bumi, (3) Saung Parahyangan, (4) Saung Taluh, dan (5) Riungan Awi.

    Ketua Dewan Juri WJACC Gunawan Tjahjono dari The Indonesian Institute of Architects (IAI) menjelaskan bahwa pihaknya mensyaratkan beberapa kriteria umum dalam penilaian: Pertama, bangunan bukan merupakan tiruan dari bangunan yang telah ada dan dapat merepresentasikan ikon Jawa Barat yang inovatif. Kedua, bangunan harus memenuhi persyaratan kehandalan bangunan termasuk keamanan, keselamatan dan kenyamanan, termasuk penyediaan fasilitas aksesibilitas, khususnya difabel.

    Pada penilaian ini, keluarlah pemenang sayembara dengan konsep "Persembahan Bumi". Pemenang sayembara ini juga merupakan hasil penilaian oleh Dewan Juri yang merupakan pakar arsitektur, diantaranya: Budi A Sukada dari The Indonesian Institute of Architects (IAI), Baskoro Tedjo (IAI), dan seniman Tisna Sanjaya. Ada juga Juri Kehormatan yaitu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

    "Hasil penjurian, setelah dewan juri berembuk, termasuk juri kehormatan ikut berembuk untuk mendiskusikan hasil, dan pemenang, atau juara satu jatuh pada nominasi nomor WJACC2017-011, dengan tema 'Persembahan Bumi' dengan filosofi nasi tumpengnya," kata dia. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Marah Pada Teman, Mahasiswa Lompat dari Lantai 17
    Mantap, Raja Swedia Sempatkan Mampir ke Bandung
    MoU Proyek BIUTR Ditandatangani Tiga Lembaga
    Dekati PIDP, Uu Ambil Formulir Pendaftaran Cagub
    Pemkot Terus Berupaya Tingkatkan Budaya Baca
    Berita Terdahulu

    Pilwalkot Bandung

    Editorial

      Advertisement On Google