web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kisap Yip Man, Guru Kungfu Bruce Lee

    Kisap Yip Man, Guru Kungfu Bruce Lee

    JuaraNews – Yip Man alias Ip Man adalah mahaguru kungfu. Dia merupakan guru dari aktor laga kenamaan Bruce Lee dan Wong Shun Leung. Kisah hidup Yip Man telah diangkat ke layar lebar dengan judul Ip Man yang dibintangi oleh Donnie Yen.

    Yip Man lahir pada 1 Oktober 1893 dari keluarga berpengaruh di Foshan, Guangdong, China. Pada usia 7 tahun, Yip Man belajar ilmu bela diri dari guru Chan Wah-sun, 60, yang mengusai kungfu Wing Chun.

    Selain diajari oleh oleh Chan Wah-sun, Yip juga dibimbing oleh murid senior Wu Chung-sok. Sayangnya, Chan hanya tiga tahun bisa bersama Yip. Dalam pesan terakhir sebelum meninggal, Chan Wah-sun meminta Wu Chung-sok untuk mengajari Yip teknik tersulit Wing Chun.

    Setelah mahir, Yip pindah ke Hong Kong. Di sini, dia mengajarkan Wing Chun kepada Leung Fut-Ting. Satu tahun kemudian, dia mengajar paruh waktu di St Stephen’s College dan kursus privat untuk anak-anak orang kaya dan asing yang tinggal Hong Kong. Yip menekankan kepada para muridnya bahwa seni bela diri Wing Chun digunakan untuk menolong mereka yang lemah dan tertindas.

    Suatu hari, Yip terlibat pertengkaran dengan polisi asing yang menyerang perempuan tua. Polisi asing itu kalah. Sejak itu, nama Yip mulai jadi buah bibir. Dia lantas ditantang untuk tampil pertandingan tinju. Namun Yip menolak, dia menemui lawannya Leung Bik, putra dari guru Chan Wah-sun, Leung Jan.

    Yip berlatih bersama Leung Bik selama beberapa tahun. Pada usia 24 tahun, dia kembali ke Foshan, Guangdong. Di sini dia menjadi polisi. Dalam waktu luang, Yip mengajarkan Wing Chun kepada teman dan anggota keluarga. Dua dari muridnya, Lun Kah dan Kwok Fu, mengajarkan Wing Chun di Guangdong untuk menjaga seni bela diri tradisional itu tetap hidup.

    Setelah Perang Sipil China berakhir, Yip kembali ke Hong Kong dan membuka sekolah ilmu bela diri. Dia sangat disegani dan dihormati. Di Hong Kong dia dua kali pindah tempat tinggal. Pertama di Sham Shui Po’s Castle Peak Road dan ke Yau Ma Tei, di Lee Tat Street.

    Mantan murid Yip mengajarkan Wing Chun di sejumlah lembaga di Hong Kong. Murid-muridnya memperaktikkan keahlian bela diri mereka dengan sikap sopan dan bersahabat. Pada 1967, mantan murid Yip mendirikan Wing Chun Athletic Association di Hong Kong.

    Sayangnya, Yip memiliki kebiasaan buruk mengisap opium. Kebiasaan inilah yang menggerogoti kesehatannya. Duncan Leung, mantan murid Yip menuturkan, akibat kecanduan opium, sebagian besar pendapatan Yip habis. Yip meninggal dunia pada 2 Desember 1972 di Hong Kong akibat mengidap kanker tenggorokan. Dia meninggalkan istri Cheung Wing-sing, serta tiga anak, Ip Chun, Ip Ching, dan Yip Nga Wun.

    Selain mengajarkan Wing Chun, Yip juga menulis buku tentang filosofi ilmu bela diri tersebut. Buku itu kini disimpan di Foshan Ancestral Temple, Guangdong. Kisah hidup sang master Wing Chun, Yip Man telah diabadikan dalam 10 film. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Sebelum Tewas, Chris Diduga Konsumsi Ativan
    Tak Ada Sosok Dafne Keen di Film X-Men
    Rilis Ulang Philosophy Gang Harry Roesli
    Life Action Pinocchio Segera Digarap
    Fadly Hijrah dari Jakarta ke Makassar
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      AWAL Ramadan 143 Hijriah jatuh pada Jumat (26/5/2017) malam. Dengan demikian, Sabtu (27/5/2017) umat Islam di Indonesia sudah mulai berpuasa.