web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Rentan Terjadi Pungli, DPRD Awasi PPDB di Cimahi
    net

    Rentan Terjadi Pungli, DPRD Awasi PPDB di Cimahi

    JuaraNews,Cimahi – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) setiap tahunnya rentan diwarnai dengan praktik pungutan liar (Pungli). Untuk itu pihak DPRD Kota Cimahi akan melakukan pengawasan ketat terhadap pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2017/2018.

    Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi Wahyu Widiatmoko mengatakan pihaknya bersama Dinas Pendidikan Kota Cimahi akan mengawal ketat, panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017 agar tidak terjadi pungli.

    “Setiap momen penerimaan siswa baru memang kerap dijadikan sekolah untuk menarik pungutan dalam bentuk dana sumbangan pembangunan (DSP) dan hal itu mengarah ke pungli,” ucapnya.

    Biasanya, kekurang fasilitas yang dimiliki sekolah kerap dijadikan alasan menarik sumbangan calon siswa baru yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan. Walaupun penarikan sumbangan atas nama Komite Sekolah dibenarkan, selama tidak memaksa orang tua siswa dalam memberikan sumbangan. Namun, bila terjadi pemaksaan, pihak sekolah dan Komite bisa dinyatakan melanggar.

    "Dana sumbangan pembangunan itu memang ada regulasinya tapi tidak mengikat. Misalnya bagi orang tua yang kurang mampu, itu menjadi tidak wajib memberikan dana sumbangan," terangnya.

    Idealnya setiap sekolah bersama komite sudah memiliki Rencana Anggaran Belanja Sekolah (RABS) untuk mengetahui berapa kebutuhan belanja sekolah setiap tahunnya. Misalnya dalam RABS itu terpaksa harus memungut dari orang tua siswa, itu tidak jadi masalah. “Ya asalkan berdasarkan kesempakatan dengan orang tua murid dan tidak diputuskan secara sepihak,” tandasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tim Gabungan Merazia Apotek Cari Obat PCC
    Mabes Polri Gerebek Gudang Bahan Baku PCC
    Ratusan Anggota Damkar Antar Imam ke Pemakaman
    Puluhan PKL di Sidang Tipiring Sebagian Wajah Lama
    Usai Diperkosa di Angkot, ABG Dibuang di Jalan Tol
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018