web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Tsar Cannon, Meriam Berkaliber Terbesar di Dunia

    Tsar Cannon, Meriam Berkaliber Terbesar di Dunia

    JuaraNews – Pada abad ke-15, senjata paling modern kala itu adalah meriam dan senapan manual. Sebagian besar terbuat dari logam perunggu. Salah satu meriam paling terkenal di dunia karena memiliki kaliber terbesar adalah meriam milik Kaisar Tsar yang berkuasa di Rusia.

    Meriam tersebut dibuat pada 1586 di Moskow oleh Andrey Chokhov yang terkenal sebagai ahli perunggu kala itu. Pembuatan meriam dengan kaliber terbesar di dunia itu dilakukan atas perintah Tsar Feodor Ioannovich. Sejak 1960 sampai saat ini, meriam dengan sentuhan seni bernilai seni tinggi itu dipajang di depan Istana Kremlin di Moskow, Rusia.

    Lukisan timbul menghiasi hampir seluruh bagian meriam. Terdapat lukisan timbul Kaisar Tsar Ioannovich naik kuda. Juga lukisan singa tengah menerkam. Dekorasi bernilai seni tinggi baik di bagian laras meriam maupun di wahana pengusung meriam itu dibuat oleh arsitek AP Bryullov dan P Ya de Witte.

    Secara teknis, meriam ini lebih tepat disebut mortal atau pelontar mortir. Sebab, daya jangkau meriam tersebut lebih pendek dibanding meriam umumnya. Peluru meriam Tsar juga sangat besar, dengan diameter lebih dari 50 sentimeter. Bobot meriam Tsar mencapai 800 kilogram.

    Namun sejak selesai dibuat, meriam Tsar tak pernah digunakan dalam peperangan. Senjata ini hanya menjadi hiasan di Istana Kremlin, Moskow. Walau begitu, meriam Tsar setidaknya pernah diuji coba. Para ahli menemukan sisa mesiu di dalam meriam itu. Namun, mereka tak tahu lebih detail terkait performa meriam Tsar. Seperti, berapa jauh peluru meriam terlontar. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Berita Lainnya
    Suami Paksa Aborsi 4 Kali, Istri Tewas
    Pelari Ini Menang Adu Cepat Lawan Jet Tempur
    Gara-gara Meme, Winnie the Pooh Disensor
    Perempuan Ini Hancurkan Karya Seni Rp2,6 M
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.