web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Polusi Cahaya Kian Ancam Keberadaan Bosscha
    net

    Polusi Cahaya Kian Ancam Keberadaan Bosscha

    JuaraNews, Bandung Barat – Polusi cahaya di sekitar kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat kian mengkhawatirkan. Hal itu jelas berdampak kepada pengamatan bintang dan benda-benda antariksa lainnya yang dilakukan di Observatorium Bosscha yang berada di Lembang.

    “Saat ini polusi cahaya semakin membuat pengamatan benda-benda langit jadi kian terkendala,” tutur peneliti Observatorium Bosscha Mahesa, Kamis (11/5/2017).

    Menurutnya pijaran lampu-lampu di kawasan Lembang yang terbuka mempengaruhi pengamatan. Belum lagi banyaknya bangunan gedung juga, menambah banyaknya pijaran lampu terbuka. Selain itu polusi cahaya menjadi salah karena banyaknya pijaran lampu yang terbuka. Termasuk itu juga biasanya bagaimana tahun. Kalau dari setahun, biasanya sekitar 50 hari ada cerahnya, tapi kalau sekarang Mei saja masih hujan.

    “Beda dengan pada saat tahun 2015 saat terjadi fenomena el nino, saat itu banyak cerahnya jadi pengamatan pun bisa dilakukan," paparnya.

    Saat ini peneropongan bintang di Observatorium Bosscha Lembang masih bisa digunakan untuk kegiatan pengamatan bintang-bintang di angkasa.  Adapun untuk tingkat akurasi pengamatannya sendiri, tergantung dari kondisi cuaca. "Jika kondisi awan  terus berpotensi akan mendatangkan hujan, maka pengamatan pun tidak bisa dilakukan," kata dia.

    Disinggung terkait pengamatan hilal, dia mengungkapkan para pengamat hilal dari berbagai daerah di Jawa Barat biasanya selalu ada yang datang ke Observatorium Bosscha Lembang untuk menentukan jatuhnya awal 1 Ramadan. Bahkan untuk tahun lalu, tim hisab atau ruyat dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Subang dan daerah lainnya datang melakukan pengamatan di Boscha. "Kurang lebih ada sekitar 50 sampai 100 orang yang melakukan pengamatan hilal di Bosscha ini," sebutnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemkab Karawang Tanggung Iuran BPJS 65.000 Warga
    171.870 Warga Garut Terdaftar di Program BPNT
    Bendungan Leuwikeris Jadi Penyuplai ke Pertanian
    Gelombang Pasang Mengamuk di Pantai Palabuhanratu
    Pariwisata Penyumbang PAD Terbesar Pangandaran
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Harapan Baru di Tahun Baru
      Harapan Baru di Tahun Baru

      HARI Senin bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2018, hampir seluruh umat manusia di dunia ini merayakan malam pergantian tahun atau dikenal dengan malam Tahun Baru.

      Advertisement On Google