web stats service from statcounter

Hot News

  • Gomez: Tak Ada Pemain Bintang di Persib
    Gomez: Tak Ada Pemain Bintang di Persib
    • 11 Desember 2017 | 08:42:00 WIB

    MARIO Gomez menilai tim Persib tak terlalu berbeda dengan mantan timnya di Liga Super Malaysia musim lalu, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Inspirasi

    Gauntlet, Sarung Tangan Prajurit Abad Pertengahan

    Gauntlet, Sarung Tangan Prajurit Abad Pertengahan

    JuaraNews – Pada abad pertengahan para prajurit di Eropa menggunakan sarung tangan Gauntlet. Sarung tangan ini terbuat dari logam yang diselimuti kulit tebal. Tujuannya untuk melindungi tangan dan lengan mereka saat bertempur.

    Sebab pada masa itu, pertempuran lebih didominasi menggunakan pedang dan tombak. Karena itu, Gountlet lebih dikenal sebagai sarung tangan tempur. Sebagian besar prajurit pada abad pertengahan di negara-negara Eropa menggunakan sarung tangan ini. Namun bentuk dan modelnya berbeda.

    Terdapat beberapa model Gountlet, antara lain Gothic Gauntlets, the Forbidden or Locking Gauntlets, Blade Seizing Gauntlets, the Manifer Gauntlets, the Scale Gauntlets, the Palm Gauntlets, dan Falconers Gauntlets. Gountlet juga digunakan oleh para pastul di Gereja Katolik Roma. Sarung tangan khusus para pastur itu bernama Episcopal. Sarung tangan itu menjadi simbol kemurnian hati atau kesucian.

    Awalnya, Gountlet hanya dirancang untuk melindungi punggung tangan dan lengan. Sedangkan bagian jari masih terbuka yang dimaksudkan agar tangan lebih muda untuk memegang pedang. Model seperti ini yang ditiru kaum Samurai di Jepang untuk membuat baju perang mereka.

    Namun dalam perkembangan berikutnya, sarung tangan Gountlet berubah sehingga menutup semua jari. Dengan sarung tangan ini, jari-jari prajurit lebih terlindungi sekaligus mereka mudah menggenggam pedang. Sarung tangan tempur itu bertahan hingga akhir abad ke-15 Masehi.

    Memasuki abad ke-16, setelah teknologi senjata api ditemukan, para prajurit di Eropa tak lagi menggunakan sarung tangan. Meskipun ada yang masih mengenakan sarung tangan, tapi bukan untuk melindungi tangan melaikan sebagai kelengkapan seragam prajurit saja.

    Bahkan di akhir abad ke-16, sarung tangan Gauntlet bergeser menjadi aksesori fesyen, terutama di Prancis dan Jerman. Sarung tangan terutama digunakan oleh kaum hawa selama musim dingin. Kini, Gountlet masih digunakan oleh para pekerja penempaan logam, astronot, teknisi mobil, dan anggota marching band. Contoh sarung tangan Gountlet seperti yang dikenakan tokoh Dart Vader dalam film Star Wars. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kasus Unik. Keledai Makan McLaren 650S Spider
    Sedang Foto Pernikahan, Pria Ini Tolong Anak-anak
    Robot Kecoa Bantu Manusia saat Bencana
    Lihat Penampakan, Dua Anjing Ketakutan
    Kota Kuno Qalatga Darband Ditemukan
    Berita Terdahulu

    Editorial