web stats service from statcounter

Hot News

  • Tantan Siap Tampilkan yang Terbaik lawan PSM
    Tantan Siap Tampilkan yang Terbaik lawan PSM
    • 24 Juni 2017 | 21:12:00 WIB

    TANTAN siap menampilkan permainan terbaiknya saat Persib menjamu PSM pada laga kandang Liga 1 2017 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Rabu (5/7/2017).

Inspirasi

    S-97, Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia

    S-97, Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia

    JuaraNews – Amerika Serikat (AS) makin menancapkan eksistensinya sebagai negara adidaya. Kekuatan militer negara ini diakui sebagai yang terunggul. Selain jumlah tentara, AS juga memiliki peralatan tempur termutakhir.

    Tak lama lagi, AS bakal memiliki helikopter tempur tercanggih di dunia, yakni S-97 Raider. Helikopter taktis ringan dengan berbagai teknologi canggih ini sedang dalam proses pembuatan secara massal. Helikopter S-97 Raider akan menggantikan Black Hawk. Selama ini Black Hawk menjadi andalan militer AS di berbagai medan tempur.

    S-97 berkapasitas angkut enam prajurit dan senjata tambahan. Helikopter S-97 Raider mampu terbang dengan kecepatan 220 knot (407 km/jam). Dengan kecepatan itu, S-97 adalah helikopter tercepat di dunia.

    Helikopter tempur itu mengusung Teknologi X2. Dalam uji coba, helikopter S-97 Raider mampu menunjukkan kemampuan dengan bilah rotor memiliki sumbu sama dan baling-baling pendorong. Heli S-97 didesain dan dibuat oleh perusahaan Sikorsky, sebuah anak perusahaan milik Lockheed Martin.

    Teknologi X2 menjadi andalan di bagian dapur pacu S-97 Raider. S-97 mampu melaksanakan serangan ringan, pengintaian bersenjata, dukungan udara jarak dekat, menjalankan misi pencarian, penyelamatan tempur, dan diterbangkan tanpa awak.

    Selain itu, S-97 didesain mampu beradaptasi dengan ketinggian dan suhu panas. S-97 mampu terbang di ketinggian 3.048 meter dengan mempertahankan tingkat panas pada suhu 35 derajat Celsius. Sebuah tangki bensin cadangan membuat heli mampu menempuh jarak tambahan sejauh 54 km. Heli S-97 Raider juga dirancang untuk melakukan pengisian bahan bakar di udara.

    S-97 Raider mengusung senjata rudal Hellfire yang terpasang dia bagian samping bodi helikopter. Bukan itu saja, senjata mesin dengan isi 500 peluru 7,62 mm per magasin membuat S-97 makin mematikan.

    Heli tempur ini akan dilengkapi dengan bilah rotor bergerigi yang dapat dilipat yang menciptakan dorongan udara ke bawah lebih sedikit. Hal ini sangat berguna saat heli akan mendarat untuk menurunkan atau mengangkut prajurit. Pendorong baling-baling dan kemudi aktif akan memberi kestabilan saat mengambang.

    S-97 Raider yang punya nama lain SB 1 Defiant ini dirancang lebih efisien ketika mengangkut prajurit, mampu membawa 12 orang dengan nyaman atau 8 tandu untuk evakuasi medis. Sementara heli tempur Black Hawk hanya mampu membawa 11 tentara. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Lahan Parkir di Hong Kong Laku Rp8,8 Miliar
    Indahnya Patung Pasir Karya Toshihiko Hosaka
    Beruang Madu Masuk Rumah dan Main Piano
    Bergeun, Desa Yang Tak Boleh Dipotret
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      AWAL Ramadan 143 Hijriah jatuh pada Jumat (26/5/2017) malam. Dengan demikian, Sabtu (27/5/2017) umat Islam di Indonesia sudah mulai berpuasa.