web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kisah Jimmie Nicol Dramer Pengganti Ringo Starr
    The Beatles dan Jimmie Nicol.

    Kisah Jimmie Nicol Dramer Pengganti Ringo Starr

    JuaraNews – Pada Juni 1964, dramer Ringo Starrsempat dirawat di rumah sakit selama dua pekan. Akibatnya, tur konser keliling dunia The Beatles, termasuk di Australia, terancam batal. Namun manajer Brian Epstein dan produser George Martin menyarankan The Beatles menggunakan dramer lain.

    Saran ini pun diterima oleh John Lennon, Paul McCartney, dan George Harrison. Opsi ini dipilih agar tur konser tetap berjalan. Akhirnya, George Martin menyarankan The Beatles menggunakan jasa Jimmie Nicol. Setelah melakukan interaksi, komunikasi, dan menjalin hubungan singkat, Jimmie didapuk menempati kursi belakang The Beatles sebagai penabuh dram. Tak hanya itu, Jimmie diwajibkan “berakting” sebagai Ringo Starr.

    Jimmie selama 13 hari bersama The Beatles. Yang menyedihkan, kendati selama 13 hari bersama band legendaris The Beatles keliling dunia dan tampil di konser-konser besar, dia tak lantas menjadi musisi terkenal. Bahkan saat bersama The Beatles, gadis-gadis tak ada yang tertarik kepada Jimmie. Setelah 13 hari usai, nama Jimmie dilupakan dan tenggelam seperti ditelan bumi.

    Pada 4 Juni 1964, Jimmie Nicol tampil pertama kali bersama The Beatles saat konser KB Hallen, Copenhagen, Denmark. Agar tampil maksimal, Jimmie didandani mirip seperti Ringo Starr. Bahkan di atas panggung pun, para personel The Beatles memanggilnya Ringgo. Mereka seolah tak menganggap Jimmie ada. Begitu juga saat The Beatles tampil di Armsterdam, Belanda dan Hongkong.

    Seusai konser pun, para personel The Beatles sangat cuek. John, Paul, dan George Harrison pergi meninggalkan Jimmie. Mereka menginap di hotel mewah. Sedangkan Jimmie di hotel yang kelas bawah. Ironisnya, Jimmie sama sekali tak dikenal sebagai personel The Beatles. Dia sering keluar sendirian dan tak seorangpun mengenalnya.

    Di Hongkong, Jimmie kerap jalan-jalan sendirian ke pelabuhan dan klab malam. Sementara para personel The Beatles lebih memilih bersembunyi di kamar hotel bersama para groupies. “Jujur, semula saya mengira seusai konser bisa minum bersama, ditemani beberapa gadis, tapi itu tidak terjadi. Mereka tak peduli. Benar-benar pengalaman mengerikan,” kata Jimmie.

    Selama 13 bersama The Beatles, Jimmie bermain dram di delapan konser sampai Ringo Starr kembali bergabung saat tur di Melbourne, Australia pada 14 Juni 1964. Tahu bahwa Ringo datang, Jimmie pun pergi tanpa pamit lantaran saat itu John, Paul, dan Harrison masih tidur lelap. Jimmie tak berani mengganggu tidur para personel band legendaris tersebut.

    Di Bandara Internasional Melbourne, Brian Epstein memberikan cek sebesar 500 poundsterling dan emas Eterna-matic bertuliskan ‘From The Beatles and Brian Epstein to Jimmie Nicol–with appreciation and gratitude.’

    Tak lama setelah semua tur konser The Beatles usai, produser George Martin mendapat kabar bahwa Jimmie Nicole mengalami ganggu kejiwaan dan sulit kembali hidup normal setelah selama 13 hari berperan sebagai Ringo Starr. “Jimmie Nicol adalah dramer bagus. Dia mengerjakan tugasnya dengan sangat baik. Karena itu, kami harus membantunya,” ujar George.

    “Tidak mudah bagi Jimmie bermain dram dengan gaya dan berakting sebagai Ringo Starr. Peran ini pasti sangat berpengaruh terhadap kejiwaannya,” ujar Paul McCartney.

    Beberapa tahun kemudian, Jimmie sendiri mengaku, berakting sebagai Ringo Starr adalah pengalaman terburuk yang pernah terjadi dalam hidupnya.

    Sekadar untuk diketahui, The Beatles adalah band legendaris asal Inggris yang dibentuk di Liverpool pada 1960. Band ini bertahan sampai 1970. Setelah itu, The Beatles bubar. Meski begitu, album dan lagu-lagu The Beatles melegenda, bertahan lintas generasi, sampai saat ini.

    Band ini terkenal dengan lagu seperti, Hey Jude, Ticket to Ride, Yesterday, Don’t Let Me Down, Mr Post Man, Come Together, Something, Here Come the Sun, I Want to Hold Your Hand, dan lain-lain. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Berita Lainnya
    Vokalis Linkin Park Chester Bennington Gantung Dir
    Gitaris Radiohead Rancang Gitar Sendiri
    Adele Siap Gelar Tur Konser Kembali
    Tom Hardy Dilirik Perankan Musuh Aladdin
    Black Panther Buat Penggemar Terkesima
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.