web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    150 Pedagang Pantai Palangpang Bongkar Lapaknya
    net

    150 Pedagang Pantai Palangpang Bongkar Lapaknya

    JuaraNews, Sukabumi – Aksi pembongkaran lapak dagangan dilakukan oleh sebanyak 150 pedagang di sepanjang pesisir Pantai Palangpang, Kabupaten Sukabumi. Pembongkaran itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan  kawasan wisata Geopark Ciletuh.

    ”Aksi ini sebagai dukungan kami agar Pantai Palangpang menjadi bagian dari areal wilayah Geopark yang diakui dunia,” kata salah seorang pedagang, Poleh (50).

    Menurutnya sebagain besar pedagang membongkar bangunannya dengan kesadaran sendiri. Mereka mendukung agenda penilaian tim dari UNESCO yang diperkirakan akan segera datang mengunjungi obyek wisata tersebut. ”Kami sangat mendukung rencana pemerintah. Apalagi bulan depan akan ada penilaian UNESCO,” ucapnya.

    Kepala Desa Ciwaru Taofik Guntur menjelaskan, batas waktu penertiban kawasan dari aktifitas pedagang di sekitar pantai dijadwalkan pada Minggu 28 Mei 2017 mendatang. Walau demikian, mereka berupaya mempercepat penyelesaian pekerjaan di lapangan.

    ”Selain penataan kios-kios, para pedagang bersedia memundurkan jarak lapaknya sekitar 100 meter dari sempadan pantai,” katanya.

    Geopark Ciletuh yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi menjadi satu-satunya geopark di Indonesia yang diusulkan untuk masuk ke dalam UNESCO Global Geopark (UGG) atau jaringan geopark dunia. Hal ini dinyatakan setelah Geopark Rinjani gagal di tahap seleksi. 

    Rencananya, tim penilai dari UNESCO akan melakukan penilaian ke Geopark Nasional Ciletuh antara April atau Mei 2017. Adapun keputusan lolos atau tidaknya akan diumumkan Desember 2017 mendatang. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Berita Lainnya
    Wacana Pembentukan Sumedang Barat Menguat
    Mayat Misterius Ditemukan di Perkebunan Teh
    Rem Blong, Truk Seruduk Motor Ibu dan Anak Tewas
    Tersangkut Jaring Saat Melaut Nelayan Tewas
    Pedagang Tolak Tempati Pasar Modern Limbangan
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.