web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Miliarder Norwegia Sumbangkan Kekayaan

    Miliarder Norwegia Sumbangkan Kekayaan

    JuaraNews – Tak banyak orang yang mau memberikan hartanya untuk orang lain dan kemaslahatan masyarakat, secara cuma-cuma. Kecuali, Kjell Inge Roekke, miliarder asal Norwegian.

    Kjell menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk penelitian kapal yang mampu membersihkan laut dari limbah plastik. Selain itu, Kjell dan istrinya mendirikan yayasan pendidikan yang memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa pascasarjana di Norwegia. Pria yang merintis karier sebagai nelayan ini sedih melihat laut kini tercemar limbah plastik sehingga mengancam ekosistem flora dan fauna di sana.

    Untuk mengembalikan laut seperti dulu, Kjell bekerja sama dengan organisasi pemerhati lingkungan WWF. Dia bergabung bersama konglomerat lain, termasuk Bill Gates, Warren Buffet, dan Mark Zuckerberg.

    Saat ini, kekayaan Kjell diperkirakan mencapai nilai sebesar USD2 miliar atau setara Rp26,6 triliun. Kekayaan itu diperoleh Kjell dari bisnis perminyakan setelah dia ubah haluan profesi dari nelayan menjadi pebisnis minyak. “Saya ingin memberikan kembali kepada masyarakat sebagian dari apa yang saya dapat. Kapal ini merupakan bagian dari itu,” kata Kjell.

    Kapal dengan fasilitas laboratorium tercangguh itu akan melakukan penelitian dengan membawa 30 orang peneliti. Selain itu, kapal ini memiliki kemampuan megolah limbah plastik seberat 5 ton per hari. “Permukaan bumi sebesar 70% ditutupi oleh lautan dan banyak yang belum diteliti,” tutur Kjell.

    Kjell Inge Roekke menjadi nelayan sejak usia 18 tahun. Dia tidak menempuh jalur pendidikan tinggi. Profesi di atas laut ini dijalani Kjell selama beberapa tahun. Dia bekerja dengan menggunakan pukat ikan di Alaska. Pada 1980-an Roekke tinggal di Washington, AS dan mendirikan sebuah perusahaan bergerak di bidang makanan bernama American Seafood.

    Resource Group International (RGI) adalah perusahaan lain miliknya yang bergerak di bidang olahraga dan pakaian. Brooks Sport tergabung dalam RGI memproduksi keperluan olahraga, serta Helly Hansen yang terkenal pada 1990-an bergerak di bidang fesyen. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Berita Lainnya
    Suami Paksa Aborsi 4 Kali, Istri Tewas
    Pelari Ini Menang Adu Cepat Lawan Jet Tempur
    Gara-gara Meme, Winnie the Pooh Disensor
    Perempuan Ini Hancurkan Karya Seni Rp2,6 M
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.