web stats service from statcounter

Hot News

  • Pelatih Persib: Kami Baik-baik Saja
    Pelatih Persib: Kami Baik-baik Saja
    • 24 Mei 2017 | 06:09:00 WIB

    DJADJANG Nurdjaman memastikan skuatnya tetap harmonis seusai hanya menuai hasil imbang 2-2 saat menjamu Borneo FC, Sabtu (20/5/2017) lalu.

Inspirasi

    Perahu Kuno dari Siria di Makam Tua Inggris

    Perahu Kuno dari Siria di Makam Tua Inggris

    JuaraNews – Pada 1939, sebuah penggalian menemukan makam dari abad ke-6 dan 7 Masehi di Sutton Hoo, dekat Woodbridge, Suffolk, Inggris. Selain pedang, baju perang, lampu, dan helm prajurit, perhiasan, dan koin, peneliti juga menemukan perahu dan aspal kuno dari Siria.

    Perahu kuno itu terbuat dari kayu oak. Meski sudah mulai lapuk, tapi bentuknya masih sempurna. Semua bagian perahu sepanjang 27 meter, lebar 4,4 meter itu masih utuh. Perahu kuno itu terawetkan oleh kandungan kimia di dalam tanah. Namun tak ada jenazah di dalam makam itu.

    Para ahli menduga, jenazah yang dimakamkan telah hancur oleh kandungan asam tinggi di dalam tanah. Sebab, selain perahu dan benda-benda kuno, arkeolog juga menemukan kotak jenazah sepanjang 2,5 meter. Namun yang paling penting dari temuan ini adalah, ternyata aspal dari Siria telah dikenal bangsa Inggris sejak zaman dulu.

    Hubungan antara Kerajaan Eas Anglia berperadaban Anglo-Saxon dengan bangsa lain telah berlangsung sejak lama. Masyarakat kedua bangsa telah melakukan perdagangan internasional. Kadang bangsa Anglo-Saxon berangkat ke Siria untuk berdagang dan tak sedikit pula orang-orang dari Timur Tengah berkunjung ke Inggris.

    Rute para pedagang dari Siria itu sampai ke Eropa melalui Laut Mediterrania. Penemuan ini menambah pengetahuan bangsa Eropa, bahwa pada masa lalu, kehidupan antarbangsa berlangsung damai. Orang-orang bebas dan aman melakukan perdagangan dan berhubungan dengan bangsa lain. Mitos dan legenda bahwa pada masa lalu kehidupan masih sangat terbelakang, saling menyerang atau menaklukkan, adalah salah besar. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ini Benda Seni dari Zaman Es
    Pesan Misterius di Batu Berusia 5.000 Tahun
    DNA Ungkap Perkawinan Neanderthal-Homo Sapien
    Hanya Satu Orang yang Selamat dari Letusan Pelee
    Misteri Hutan Pohon Bengkok di Polandia
    Berita Terdahulu

    Editorial