web stats service from statcounter
Banjar Masih Kekurangan 5% RTH dari Target 30%
net

Banjar Masih Kekurangan 5% RTH dari Target 30%

JuaraNews, Banjar – Keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Banjar terus ditingkatkan dan diperluas. Pasalnya RTH selain berfungsi sebagai paru-paru kota juga dapat berfungsi untuk memperindah kawasan dan menjadi sarana rekreasi warga sekitar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar  Yoyo Suharyono mengatakan saat ini RTH yang sudah dimiliki oleh Pemkot Banjar mencapai luas sekitar 4.000 hektare. Jumlah itu dinilai masih kurang sehingga pihaknya masih akan terus memperluas keberadaan RTH ini.

"RTH ini manfaatnya banyak selain untuk ekologi, juga berfungsi estetis, termasuk fungsi planologi sebagai pembatas antara satu ruang dengan ruang lain yang berbeda fungsi," ucapnya.

Menurutnya saat ini RTH di Kota Banjar sudah mencapai 25% dari target 30%. Dari luas kawasan tersebut sebesar 20% adalah RTH untuk publik dan sisanya adalah privat.

Beberapa RTH yang bersifat publik, di antaranya RTH di wilayah Jajawar, Lapangan Bhakti, Pintu Singa, Titu Leutik di wilayah Ciberureum, dan lainnya. Saat ini seluruh kecamatan, tambahnya juga memiliki RTH. Tidak hanya kecamatan, nantinya desa atau kelurahan juga diharapkan mampu membuat RTH, tentunya di luar yang privat.

“Keberadaan RTH yang ditata dengan apik, sehingga menjadi tempat wisata, tentunya juga akan memberikan nilai ekonomi. Sehingga selain membuat nyaman dan asri sebuah kawasan juga bisa membuat masyarakat di sekitarnya pun menjadi sejahtera karena perekonomiannya terangkat," tandasnya. (*)

yan

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Kurangi Pengangguran, Disnakertrans Jabar gelar Job Fair Milenial Festival 2019
Jadi Menko Perekonomian dan Ketum Golkar Airlangga disarankan Tunjuk Wakil Golkar
Silaturahmi dengan Kang DS, Masyarakat 3 Kecamatan Berharap Pelabaran Jalan Soreang-Rancabali
Jabar Raih Penghargaan Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran di Anugerah KPI 2019
Arif Hamid Rahman akan Tindaklanjuti Hasil Reses ke Paripurna