Hot News


Inspirasi


    Editorial


      Pengawasan Terhadap Angkutan Umum Harus Diperketat

      Pengawasan Terhadap Angkutan Umum Harus Diperketat

      JuaraNews, Bandung – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar Dady Rohanady meminta Dinas Perhubungan Jawa Barat (Dishub Jabar) memperketat pengawasan dan pemeriksaan terhadap angkutan umum untuk mencegah terjadinya kasus kecelakaan maut seperti di Jalur Puncak Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu.

      "Terkait adanya kasus kecelakaan maut di Puncak beberapa hari lalu dan kemarin juga di Ciwidey, intinya atau titik beratnya adalah terletak pada pengawasan terhadap angkutan umum dan perusahaan otobus oleh dinas terkait dalam hal ini dinas perhubungan," kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady,  Jumat (28/4/2017).

      Daddy juga  meminta perusahaan otobus  melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap kendaraan mereka. "Servis rutin terhadap bus-bus angkutan umum atau pariwisata itu wajib hukumnya, ibaratnya dengan servis rutin ada baut yang kendor atau longgar dari bus tersebut bisa ketahuan. Ini kan tindakan pencegahan," paparnya.

      Tak cukup itu, lanjutnya, perusahaan otobus juga harus memerhatikan kondisi sopir karena banyak kecelakaan kendaraan umum disebabkan oleh faktor kelalaian sopir.  "Seharusnya itu bisa dikontrol baik, banyak sopir yang mengantuk atau kelelahan tetap membawa bus dengan rute antara kota bahkan provinsi. Kalau ada sopir yang kelelahan jangan dipaksakan untuk membawa kendaraan, khawatirnya dia mengantuk sehingga lepas kendali saat membawa kendaraannya," terangnya. (*)

      ude

      0 Komentar
      Tinggalkan Komentar
      Cancel reply
      0 Komentar
      Tidak ada komentar
      Berita Lainnya
      Bangkitkan Industri Tekstil, Komisi II DPRD Jabar Dorongan Realisasi Bansos Tahap 3
      DPRD Jabar dan Sumsel Bahas Pemulihan Ekonomi Dimasa Pandemi Covid-19
      Solusi Tingkatkan PAD, Banggar DPRD Jabar Sepakat Beri Penyertaan Modal kepada 2 BUMD
       Pempov Jabar Ajukan Pinjaman Rp4 Triliun, Daddy Rohanady: Siapa yang Bayar?
      DPRD Jabar Akan Lakukan Fit and Proper Test Terhadap 21 Calon Anggota KPID Jabar
      Berita Terdahulu

      Jabar Juara


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)