web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Aduh…, Alat Timbang TPA Sarimukti Rusak
    TPA Sarimukti

    Aduh…, Alat Timbang TPA Sarimukti Rusak

    JuaraNews, Bandung – Alat timbang di TPA Sarimukti rusak. Akibatnya penghitungan tonase angkutan sampah di TPA tersebut dilakukan secara manual.

    Kerusakan terjadi sejak sepakan terakhir. Badan Pengelola Sampah Regional Jabar sebagai pengelola TPA Sarimukti rugi ratusan juta rupiah.

    Berdasarkan pantauan di lokasi, kerusakan terjadi pada salah satu dari 4 komponen load cell pada alat timbang. Oleh karena itu proses penghitungan pun tak bisa dilakukan.  "Kerusakan load cell, penghitungan dengan komputer menjadi error. Terpaksa secara manual," kata Iwan Syarifudin, Koordinator TPA Sarimukti,  Rabu (12/4/2017).

    Biasanya, sebelum ke lokasi pembuangan truk sampah berhenti sebentar di plat timbangan di gerbang masuk area TPA Sarimukti. Alat timbangan otomatis menghitung berat sampah dan berat kendaraan secara keseluruhan.

    "Kalau secara manual, kita menghitung berdasarkan perkiraan, yakni 1 kubik itu 472 kg. Padahal bisa saja volume sampahnya lebih banyak, sehingga lebih berat. Nah, kalau pakai alat hitungannya tepat," kata Iwan.

    Tambahnya, dengan menggunakan alat timbang volume sampah yang masuk ke TPA Sarimukti 1.700 ton per hari. Namun dihitung secara manual, katanya, volume sampah terhitung di 1000-1.300 ton/hari.

    Biaya yang ditetapkan Pemprov Jabar sejak 2017, yaitu Rp 50.000/ton sampah. Dengan hitungan manual, katanya, terdapat kehilangan pendapatan lebih dari  Rp 200 juta karena perhitungan volume yang berkurang. (*)

     

     

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Bupati KBB Gelar Safari Ramadan di 16 Kecamatan
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata

    Editorial


    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Info Kota