Hot News


JN-TAM

Inspirasi


    Netty Ajak Kaum Perempuan Tanami Pekarangan



    Netty Ajak Kaum Perempuan Tanami Pekarangan

     

    JuaraNews, Bandung – Ketua Tim Penggerak PKK Netty Prasetyani Heryawan meminta agar masyarakat memanfaatkan lahan untuk ditanami komoditas hortikultura. Hal ini sangat memungkinkan mengingat potensi lahan pekarangan di Jabar cukup tinggi.

    Menurut Netty, lahan pertanian secara nasional memiliki luas 10 juta hektar. Dari jumlah tersebut, sekitar 8% atau 800.000 hektare di antaranya terdapat di Jabar. Dari itu, katanya, 14% merupakan lahan pekarangan yang potensial untuk ditanami sayuran ataupun buah-buahan.

    "Selain bisa menutupi kebutuhan rumah tangga, potensi lahan pekarangan juga bisa mencegah gejolak harga karena kelangkaan komoditas ataupun permainan kartel," kata Netty di Lembang,  Senin (10/4/2014).

    Menurut Netty, Pemprov mendorong gerakan optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui peran perempuan sebagai ibu rumah tangga dan bagian dari masyarakat. Jika gerakannya masif dan luas, istri Ahmad Heryawan itu optimistis gerakan itu mampu berdampak signifkan dalam upaya menjamin stabilitas pangan.

    "Yang paling efektif lewat keluarga, lewat kaum perempuan. Urusan bahan pangan itu kaum ibu lebih tahu dan lebih efektif dalam optimalisasi lahan pekarangan. Bagaimana pemanfaatan lahan pekarangan yang luas dan sempit bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, minimal untuk memenuhi kebutuhan dapur masing-masing," katanya. (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Baznas dan Jabar Bergerak KBB Bangun Rumah Layak Huni Mak Adah
    Pandemi Covid-19, Tren Kehamilan di Kabupaten Bandung Barat Menurun
    DWP Jabar Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir
    Tanggapan Ridwan Kamil, Soal Banjir di Kabupaten Bandung Barat
    Sisingaan dan Kuda Lumping Meriahkan Jalan Santai 6 Tahun JuaraNews
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads