web stats service from statcounter
Pemkot Bandung Tunggak Tagihan Sampah Rp2,6 Miliar
Net/Bandungnewsphoto TPA Sarimukti

Pemkot Bandung Tunggak Tagihan Sampah Rp2,6 Miliar

JuaraNews, Bandung – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Anang Sudarna mengatakan, Pemkot Bandung menunggak pembayaran kompensasi jasa pelayanan pengelolaan sampah TPA Sarimukti yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat.

Tunggakan merupakan tagihan dari tahun 2011-2016 kepada Pemprov Jabar dan jumlahnya mencapai Rp2,6 miliar.

"Dari empat kabupaten/kota yang menggunakan TPA Sarimukti, hanya Kota Bandung yang mengunggak pembuatan KJP (kompensasi jasa pelayanan) dan kalau ditotal itu tunggakannya mencapai Rp 3 miliar dengan dua bulan terakhir," kata Anang Sudarna dalam keterangan persnya di Bandung, Senin (10/4/2017).

Katanya, Pemprov Jabar sudah tiga kali mengirim surat kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kami, terkait tunggakan itu. Pertama, katanya, surat peringatan dikirim Sekda Provinsi Jabar Iwa Karniwa atas nama Gubernur. Kedua, katanya, surat dikirim Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Jawa Barat Bambang Rianto dan terakhir dari pihaknya, kata Anang Sudarna.

Anang mengatakan, pihaknya sudah menutup kiriman sampah di TPA Sarimukti pada 1 April 2017. Namun, katanya,  Wakil Gubernur Deddy Mizwar menginstruksikan kepada dirinya agar tidak menutup TPA Sarimukti dari truk-truk sampah Kota Bandung. "Pak Wagub menelpon saya, coba ditahan dulu jangan langsung ditutup. Beliau meminta agar masalah ini diselesaikan dengan sebaik-baiknya,” kata Anang Sudarna.

Anang juga mengatakan, Pemkot Bandung pun sempat membalas surat Pemprov dan mengatakan akan menyelesaikan tunggakan pada APBD Perubahan 2016. Akan tetapi, katanya, hingga saat ini tunggakan itu masih belum dilunasi Kota Bandung. "Logikanya kalau diselesaikan di APBD Perubahan 2016, harus iselesai pada 31 Desember 2016. Tapi sampai saat omo tak serupiah yang dibayarkan Pemkot Bandun," katanya. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Cegah Stunting, Posyandu Cicendo Luncurkan Aplikasi Si Aplod dan Si Centring
Kesalehan Sosial Antar Manusia ke Surga
Kecamatan Bojongloa Kidul Juara Umum MTQ Kota Bandung
Hari Pohon Sedunia 2019, Penanda Komitmen Lestarikan Lingkungan
Kota Bandung Miliki 1.918 Posyandu Multifungsi

Editorial


  • Teladani Semangat Pahlawan
    Teladani Semangat Pahlawan

    HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

    Info Kota