web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Jurnalis Harus Kritis dan Objektif

    Hari Pers Nasional 2015

    Jurnalis Harus Kritis dan Objektif

    • Senin, 9 Februari 2015 | 16:42:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta pekerja media massa tetap kritis dan objektif dalam menyampaikan informasi kepada khalayak. Pean ini disampaikan Emil berkaitan dengan peringatan Hari Pers Nasional 2015.

    "Peran pers dan pemerintah itu sama. Jadi mari membangun negeri ini dengan azas kesetaraan dan azas proporsional," kata Emil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung,  Senin (9/2/2015).

    Emil menyebutkan, pers memikul 25% motor perubahan. Sisa masing-masing 25%, yaitu peran pemerintah, pebisnis, dan organisasi sosial kemasyarakatan. Dia menilai peranan pers yang 25% tersebut sebagai penggerak perubahan itu masih belum optimal. Karena itu, Emil berharap jurnalis memperbanyak cerita-cerita berupa berita yang akhirnya menjadi konsep.

    "Jadi ada sifatnya reportase memberitakan, tapi ada reportase yang bantu kami menjadi rekomendasi versi pers. Misalkan ada berita menemukan kejanggalan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), tak hanya selesai memberitakan kejanggalannya, tapi juga menyelesaikan isu yang diliputnya. Sebab tak bisa mengandalkan pemerintah saja untuk melakukan perubahan," papar Emil.

    Dia berharap pers senantiasa menjadi mitra pemerintah. "Mendukung dengan kritis yang objektif. Juga mendukung berita-berita inspiratif. Zaman sekarang itu bukan masalah mecari informasi, tapi zaman memilah informasi. Karena sumber informasi itu bannyak," tambah Emil.

    Puncak Peringatan HPN 2015 sendiri dipusatkan di Batam, Kepulauan Riau. Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri acara penutupan yang digelar di Ballroom Lantai 6 Hotel Harmoni One, Batam.

    HPN yang kali ini bertema Pers Sehat, Bangsa Hebat sudah digelar sejak tanggal 6 Februari lalu dan akan berakhir pada tanggal 9 Februari ini. Serangkaian acara sudah digelar di beberapa tempat, di antaranya pameran media, panggung hiburan rakyat, konvensi bahasa, pendeklarasian Pulau Penyengat sebagai warisan budaya dunia, konvensi media massa, hingga Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) se-ASEAN. Bertepatan dengan puncak peringatan HPN ini juga akan diberikan penghargaan kepada seluruh insan pers di Indonesia melalui Penghargaan Adinegoro.  (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Mahasiswa Bandung Demo Menolak Revisi UU KPK
    Pemprov Jabar Dorong Percepatan Tol Cisumdawu
    DPRD Jabar Usulkan Penambahan Pimpinan
    DPRD Jabar Umumkan Calon Pimpinan Dewan 2014-2024
    Emil Setuju Nama BIJB jadi Bandara Habibe

    Editorial