Hot News


JN-TAM

Inspirasi


    Sungai Cikijing Segera Dinormalisasi

    Sungai Cikijing Segera Dinormalisasi

    JuaraNews, Bandung – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan Sungai Cikijing yang selama ini menjadi sumber banjir di Kahatex Rancaekek Kabupaten Bandung segera dinormalisasi. Langkah ini sebagai upaya jangka pendek dan jangka panjang dalam menangani banjir yang sering menggenangi jalan depan Pabrik Kahatex tersebut. 

    “Meskipun kewenangannya ada di Kementerian PUPR c.q. Dirjen Sumber Daya Air c.q. lagi di bawahnya BBWS Citarum, kemudian pada saat yang sama jalannya pun jalan nasional c.q. BPJN empat ya – Badan Pengelola Jalan Nasional yang meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Tentu karena letaknya di Jawa Barat banjirnya juga di Jawa Barat semua pihak harus terlibat,” kata Aher, seperti disampaikan Humas Pemprov Jabar,  Kamis (23/3/2017).

    “Kita mempercepat normalisasi Sungai Cikijing dan Sungai Cimande. Kalau ini dinormalisasi pasti akan ada pengaruh – paling tidak pengaruh untuk percepatan penyelesaian atau untuk mengurangi banjir. Ketika banjir segera terselesaikan,” tambahnya.

    Langkah yang dilakukan untuk normalisasi, di antaranya saat ini tengah dilakukan pembongkaran bangunan penutup Sungai Cikijing di kawasan Kahatex. Termasuk yang sudah direncanakan untuk pembongkaran yaitu bangunan awal penutup atau gorong-gorong yang menghalangi arus Sungai Cikijing, sehingga menyebabkan air sungai mengalir ke badan jalan.

    Nantinya, setelah pembongkaran selesai akan dibuat jembatan yang lebih tinggi, sehingga tidak akan menghalangi aliran air Sungai Cikijing. Pengerjaan ditargetkan mulai dilakukan April ini dengan waktu pengerjaan tiga minggu.

    Langkah lain yang dilakukan yaitu mengefektifkan kerja operator pompa air. Ketika banjir datang air dipompa oleh BBWS Citarum kemudian dialirkan kembali ke Sungai Cikijing. Nanti para operator tersebut akan berjaga di sekitar Kahatex selama 24 jam, sehingga akan ada antisipasi apabila banjir akan datang.

    “Ketika banjir itu kan ada operator yang memompa air dikembalikan ke Sungai Cikijing. Ini juga akan segera kita tangani dengan baik supaya tidak ada jarak antara kejadian dengan pengelolaan pompa. Maka kita akan membuat sebuah kerjasama dimana para petugas BBWS yang ahli mengoperasikan pompa itu nginep dan berkantor di Kahatex,” papar Gubernur. (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
     Pemkot Bandung Maksimalkan Pengelolaan Sampah Hulu ke Hilir
    Berbagai Elemen Masyarakat Sayangkan Demo Berujung Pengrusakan Fasilitas Publik
    Zona Oranye, Pemkot Bandung Belum Berencana Kembali Keluarkan Izin Operasional Tempat Hiburan
    9 Bioskop di Kota Bandung Kembali Beroperasi di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Daftarnya
    Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Berharap tak Ada Lagi Unjuk Rasa Berujung Perusakan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads