Tipu Ratusan Juta, Pelaku Penipuan PNS Dicokok
net

Tipu Ratusan Juta, Pelaku Penipuan PNS Dicokok

JuaraNews, Banjar – Dua pelaku penipuan penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dicokok oleh petugas Polres Banjar. Dalam aksinya yang sudah dilakukan sejak Januari 2016 ini para pelaku berhasil memperdayai sebanyak enam orang korbannya.

Mereka adalah AM (44) warga Kecamatan Kaduhejo,Kabupaten Pandeglang dan AZ (61) oknum PNS di salah satu instansi pemerintah, beralamat di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

“Kedua pelaku telah kami tangkap dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan intensif di Polres Kota Banjar, “ kata Kasat Reskrim Polres Kota Banjar Syahroni.

Dia mengungkapkan, para pelaku menawarkan jasanya dan menjanjjikan korbannya dapat diangkat sebagai CPNS di Banjar. Untuk itu pelaku meminta kompensasi uang senilai Rp 100 juta kepada para korbannya. Dengan alasan uang itu akan dipakai untuk mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Namun ternyata apa yang dijanjikan oleh para pelaku ini tidak terbukti. Bahkan keduanya kerap mengulur-ngulur waktu saat ditagih janji tersebut oleh para korbannya. Pelaku terus berusaha berkelit dan untuk lebih meyakinan mereka juga meminta identitas tahun kelahiran, untuk kelengkapan data. Korban dijanjjikan NIP akan keluar apabila sudah melunasi uang yang diminta pelaku.

Akan tetapi setelah beberapa kali hanya menerima janji, korban akhirnya menyadari telah menjadi korban penipuan. Mereka kemudian melaporkan kejadian yang dialami kepada polisi. Berdasar laporan tersebut Polres banjar langsung menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.

"Kedua pelaku berhasi ditangkap ketika berada di ATM BRI saat sedang menunggu kiriman uang dari korbannya,” ucapnya.

Dari tangan pelaku petugas berhasil diamankan beberapa barang bukti di antaranya satu unit mobil, buku tabungan, kartu ATM dan telefon genggam. “Akibat perbuatannya kedua pelaku dijerat dengan Pasal 378 Jo 372 KUH Pidana tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman hukuman 4 penjara,” sebutnya. (*)

yan

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pemprov Jabar Siapkan Rp16,2 Triliun Atasi Dampak Sosial Covid-19
Penyebaran Covid-19 Meluas, Pemprov Jabar Tingkatkan Kapasitas Penanganan Limbah B3
Ini 2 Fase Penanggulangan Covid-19 yang Dilakukan Pemprov Jabar
Punya Balai Laboratorium Sendiri, Pemprov Jabar Komitmen Percepat Penangangan Covid-19
Gubernur Jabar: Penolakan Jenazah akibat Covid-19 takkan Terulang di Jabar