Hot News


JN-TAM

Inspirasi


     BBWS: Banjir Rancaekek Karena Luapan Drainase

    BBWS: Banjir Rancaekek Karena Luapan Drainase

    JuaraNews, Bandung – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum menilai banjir di Jalan Raya Rancaekek terjadi karena luapan drainase dan elevasi (ketinggian) yang sama dengan sungai Cikijing. Banjir juga terjadi karena luapan sungai yang disebabkan sedimentasi di aliran sungai Cikijing dan Cimande. 

    Kepala BBWS Citarum Yudha Wediana mengatakan, untuk mengatasi banjir ini pihaknya melakukan pembongkaran bersama PT. Kahatex. Pembongkaran dilakukan di bagian ruas sungai yang berada di sekitar perusahaan tersebut.

    "Ternyata setelah dibongkar tidak terjadi luapan ketika banjir. Kita juga memfungsikan pompa air yang standby di pintu Kahatex, namun ternyata itu masih tidak cukup sehingga kami melakukan rapat dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) VI  terkait hal tersebut," kata Yuda di Bandung, Rabu (22/3/2017).

    Kerja sama dengan BPJN VI dilakukan untuk membongkar drainase dan cross drain yang ada di Cimande dan Cikijing. Selanjutnya drainase disesuaikan dengan desain yang ada di BBWS Citarum. “Kami juga akan membebaskan lahan di bantaran Sungai Cikijing dan Cimande agar dapat menggali lebih dalam supaya air dapat mengalir,” katanya.

    Yuda menjelaskan, sedimentasi pada drainase digali sepanjang 250 meter ke hulu dan 500 meter ke hilir dari jembatan yang terletak di Jalan Rancaekek. Namun sisi kiri dan sisi kanannya belum dilakukan pembebasan lahan. “Tapi ini pekerjaan yang sifatnya sementara dan darurat. Ke depan kami akan membebaskan lahan, “ katanya.

    Diakuinya di kawasan tersebut perlu penataan drainase pemukiman karena secara geografis kawasan tersebut berada di titik terendah. Namun  kedepan untuk mengantisipasi banjir yang lebih besar, Ia menyarankan sebaiknya dibangun tanggul atau elevated road atau jalan layang. (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
     Pemkot Bandung Maksimalkan Pengelolaan Sampah Hulu ke Hilir
    Berbagai Elemen Masyarakat Sayangkan Demo Berujung Pengrusakan Fasilitas Publik
    Zona Oranye, Pemkot Bandung Belum Berencana Kembali Keluarkan Izin Operasional Tempat Hiburan
    9 Bioskop di Kota Bandung Kembali Beroperasi di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Daftarnya
    Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Berharap tak Ada Lagi Unjuk Rasa Berujung Perusakan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads