blog counter

Hot News


Opini


    Dorong Prestasi Olahraga, KONI Jabar Gandeng UPI

    PON XIX/2016



    Dorong Prestasi Olahraga, KONI Jabar Gandeng UPI

    JuaraNews, Bandung - KONI Jawa Barat terus berbenah untuk mencapai target Jabar Kahiji di PON XIX/2016. Dan yang terbaru dengan menggandeng Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam penerapan Sport Science, Coaching Profession dan Training Facilities.

    Kolaborasi KONI Jabar dengan UPI dalam hal penerapan Sport Science dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) yang dilakukan Rabu (4/2/2015) di Gedung Rektorat UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung. MoU tersebut diteken oleh Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin dan Rektor UPI Sunaryo Kartadinata.

    Dengan kerjasama yang disepakati kedua belah pihak, pihak UPI melalui Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) akan ikut membantu peningkatan prestasi olahraga Jabar. Khususnya dalam pencapaian Jabar Kahiji di PON XIX/2016.

    Dalam hal ini, FPOK UPI akan memberikan bantuan pendampingan dalam proses latihan atlet. Dengan menggunakan sport science yang dimiliki, FPOK UPI akan memberikan saran, hingga program latihan yang tepat bagi setiap atlet.

    "Saat ini perkembangan olahraga terus bergerak, jadi proses latihan untuk pencapaian prestasi pun tidak bisa dilakukan dengan gaya lama. Penerapan iptek sudah diperlukan dalam peningkatan prestasi olahraga. Dan kami memiliki kurikulum, peralatan pendukung serta sumber daya manusia untuk itu," ujar Dekan FPOK UPI, Yunyun Yudiana kepada wartawan, Rabu (4/2/2015).

    Yunyun menambahkan, sport science yang dimiliki pihaknya merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Sport Science FPOK UPI pun sudah banyak dimanfaatkan oleh pelbagai pihak untuk mengukur proses latihan dan kemampuan atlet. Seperti pengukuran kemampuan pemain sepakbola Persib, Pelita Bandung Raya, hingga para atlet pelatnas Prima.

    "Dengan kerjasama yang sudah disepakan dengan KONI Jabar, kami pun akan membantu peningkatan kualitas atlet Jabar untuk mencapai Jabar Kahiji. Kami berkomitmen untuk membantu Jabar dan dengan MoU yang sudah diteken, maka kesempatan pihak provinsi lain tertutup," tegasnya.

    Di tahap pertama, pihaknya akan terlebih dahulu melalukan pemetaan terhadap kemampuan atlet Jabar di semua cabang olahraga. Dengan peralatan yang (hanya) dimiliki FPOK UPI serta tenaga ahli, pihaknya akan menganalisa sisi kelebihan, kekurangan hingga kebutuhan setiap atlet.

    "Nanti kita akan lakukan pendampingan langsung ke setiap cabang olahraga dan memberikan saran serta rekomendasi bagi setiap pelatih terkait kondisi atletnya. Tak hanya itu kami pun akan memberikan saran kepada pelatihan terkait program latihan apa yang tepat bagi atletnya," tandasnya.

    Sementara itu, Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin menuturkan jika UPI khususnya FPOK tidak bisa dipisahkan begitu saja dalam pembinaan keolahragaan Jabar. Terutama saat Jabar memiliki impian untuk menjadi yang terbaik Pada PON XIX/2016. Pihaknya pun berharap kerjasama yang sudah terjalin bisa terus dikembangkan dan direalisasikan secepatnya.

    "FPOK UPI ini menjadi bagian dari bidang pembinaan dan prestasi KONI Jabar dalam peningkatan prestasi olahraga Jabar menuju Jabar Kahiji di PON XIX. Mereka nanti akan berkolaborasi dengan para pelatih cabang olahraga dan menempatkan perwakilannya di KONI Jabar. Mudah-mudahan ini akan secepatnya direalisasikan, harapan kami pekan ketiga bulan Feruari sudah berjalan," tegas Ahmad.

    Nota kesepahaman yang ditandatangani UPI dan KONI Jawa Barat ini berlaku dalam jangka waktu empat tahun terhitung mulai dari penandatangan dilakukan kedua belh pihak. (*)

    Oleh: ageng rustandi / ang

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    PN Bale Bandung Vonis Bebas Mantan Ketua DPRD Jabar
    Ingin Curi Mobil, Anggota Densus 88 Diduga Bunuh Sopir Taksi Online
    Segera Gelar Sidang Kode Etik , DKPP akan Periksa Anggota KPU
    Ridwan Kamil Instruksikan Perangkat Daerah Petakan Dinamika Program Petani Milenial
    Terima Anggota Dewan Pers, Presiden Jokowi Segera Keluarkan Perpres Media Sustainability
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads