web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Menghindari Suara Bising, Telinga Tetap Sehat
    net

    Menghindari Suara Bising, Telinga Tetap Sehat

    • Selasa, 3 Februari 2015 | 15:46:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews - Telinga adalah bagian tubuh yang urgen sekali. Telinga memiliki sebuah fungsi utama sebagai alat pendengaran yang tentunya sangat kita perlukan dalam berbagai aktivitas yang kita lakukan dalam hidup ini.

    Namun masalah sering terjadi ketika seseorang lengah dan kurang merawat telinga yang mereka miliki sehingga telinga terasa sakit atau bahkan mengalami penurunan fungsi. Dan tanpa disadari, kebiasaan dan aktivitas sehari-hari justru membuat berkurangnya kemampuan menangkap berbagai suara yang masuk ke indera pendengaran. Beberapa tips menjaga telinga tetap sehat, antara lain:

    Salah satu cara menjaga telinga yang pertama dan sering kali kita lakukan adalah membersihkan telinga bagian luar secara rutin. Telinga memiliki lubang yang bersudut-sudut dengan bulu-bulu halusyang berfungsi menahan kotoran yang lama-lama menumpuk, sehingga perlu pembersihan setiap harinya.

    Membersihkan bagian dalam telinga merupakan hal yang harus diperhatikan selanjutnya. Caranya Anda dapat menggunakan benda-benda yang terbuat dari bahan lunak. Bersihan pelan-pelan agar telinga tidak tertekan terlalu keras ataupun infeksi karena adanya luka. Hindari alat-alat yang dapat mendorong kotoran telinga masuk ke liang telinga, termasuk kapas dan cutton buds karena dapat menyebabkan cedera dan gangguan pendengaran.

    Hindari lingkungan bising, seperti tempat karaoke dan lainnya. Karena sering mendengar suara bising bisa membuat tuli. Jika Anda berkerja di tempat yang bising, gunakanlah perangkat pelindung telinga.

    Seng dan asam folat tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, namun juga baik untuk menjaga kesehatan telinga. Kurangi konsumsi gula, kafein, rokok, garam dan pemanis buatan.

    Biasakan mengunyah makanan dengan baik, karena mengunyah adalah mekanisme alamiah tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga. Kotoran yang keluar dengan sendirinya dan terbilas saat mandi.

    Ada hubungan antara kebiasaan merokok dengan penurunan daya dengar seseorang. Dalam hal ini, jika seseorang memiliki kebiasaan merokok, maka indera pendengarannya akan mengalami penurunan pula dari waktu ke waktu. Jadi kurangilah aktivitas merokok.

    Ubah berbagai kebiasaan yang dapat mengurangi kemampuan mendengar. Seperti mendengarkan musik dengan headset atau earphone atau mengeraskan volume suara ke level maksimal. Hal tersebut dapat berakibat buruk pada penurunan kinerja telinga.

    Segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda merasa terdapat gangguan pada organ pendengaran. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar dapat melakukan pencegahan sebelum suatu hal yang buruk terjadi pada pendengaran Anda. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pramugari Perhatikan Empat Hal Ini kepada Penumpang saat Terbang
    Toyota Starlet Segera Dibangkitkan, Ini penampakannya
    Hotel 88 Alun Alun Bandung Resmi Dibuka
    Atalia: Hindari 3 Masalah Remaja dengan jadi Generasi Berencana
    Riksa Budaya, Pelestarian Tiga Kekuatan Budaya di Jawa Barat

    Editorial