Pos Indonesia

Hot News


JN-TAM

Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Darus: Pejabat Harus Gunakan Basa Sunda

    Darus: Pejabat Harus Gunakan Basa Sunda

    • Minggu, 19 Februari 2017 | 17:55:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung--Anggota  Komisi X DPR RI H Dadang Rusdiana mengatakan upaya menjadikan basa Sunda sebagai bahasa indung atau bahasa ibu perlu dilakukan secara struktural dan kultural. Secara struktural dilakukan dengan dukungan dan keseriusan pemerintah, yang tak hanya berbentuk peraturan namun juga diikuti dengan implementasinya.

    “Seperti pejabat negara menggunakan bahasa Indonesia ketika melakukan kunjungan resmi ke luar negeri, itu karena ketentuan perundang-undangan. Maksudnya untuk menunjukan bahwa kita negara memiliki bahasa dan budaya sendiri. Bukan karena tak bisa bahasa Inggris,” kata Dadang Rusdiana dalam acara Mieling Basa Indung di Gedung YPK Jalan Naripan Kota Bandung, Minggu (19/2/2016).

    Hal ini, katanya, sesuai dengan amanat Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang menegaskan bahwa budaya bangsa harus unggul. “Demikian pula dengan upaya ngamumule Basa Sunda, pejabat-pejabat pemerintahan harus menggunakan bahasanya dalam kegiatan-kegiatan resmi,” kata Dadang.

    Dadang menambahkan, dalam penyusunan Perda tidak cukup dengan peraturan tentang basa Sunda. Perlu dipikirkan, katanya, Perda yang menunjukan ciri dan identitas budaya bangsa Sunda. “Kalau orang Batak dengan nama bisa menunjukkan ciri suku bangsanya, orang Sunda juga bisa membuat hal itu. Misalnya dengan menggunakan nama depan, yang menjadi ciri khas orang Sunda, menandakan orang Sunda,” kata anggota DPR dari daerah pemilihan Kabupaten Bandung dan Bandung Barat ini. (*)

     

     

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Penurunan Kasus Covid-19 Kota Bandung Hasil Pelacakan Secara Massif
    Kabar Baik bagi Pesepeda Gunung Bandung, Pemkot dan Kanhay Wacanakan Garap Lintasan MTB
    Ojol Bandung Bisa Angkut Penumpang, Pemkot Terapkan AKB
    27 Pegawainya Positif Covid-19, Puskesmas di Kota Bandung Tetap Beroperasi
    2 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sadangserang Ditutup Sementara
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center
      Buku Wagun
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads