ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Ini Hasil Sementara Pilkada 3 Daerah di Jabar

    Ini Hasil Sementara Pilkada 3 Daerah di Jabar

    • Kamis, 16 Februari 2017 | 03:29:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Tiga daerah di Jabar, yakni Kabupaten Bekasi, Kota Cimahi, dan Kota Tasikmalaya selesai menggelar Pilkada serentak, Rabu (15/2/2017).

    Kendati belum resmi, sejumlah quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei bahkan hasil real count KPU, telah merilis pemenang pilkada di ketiga daerah tersebut.

    Di Kota Cimahi misalnya, berdasarkan real count pada website KPU pusat, http://www.pilkada2017.kpu.go.id/hasil, hingga Rabu (15/2/2017) malam, menunjukkan kemenangan pasangan nomor 3 Ajay M Priatna-Ngatiana dengan perolehan suara 41,49%. Diikuti pasangan calon nomor urut 2 Asep Hadad Didjaya-Irma Indriani dengan perolehan suara 30,36 % dan nomor urut 1 Atty Suharti-Ahmad Zulkarnain dengan 27,86%. Namun angka tersebut masih bersipat sementara karena data yang masuk belum seluruhnya.

    Ketua KPU Kota Cimahi, Handi Dananjaya mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil data dari TPS-TPS yang harus disampaikan oleh KPPS kepada KPU untuk discan dan dientry ke website KPU RI.

    "Ada 2 lembaga survei yang akan melaksanakan quick qount, Medis Center Riset dan Jaringan Suara Indonesia, tapi sampai saat ini kami belum mendapatkan rilisnya," ungkap Handi, Rabu (15/2/2017) malam.

    Meskipun begitu, lanjut dia, untuk hasil lengkapnya harus melalui rapat pleno rekapitulasi berjenjang, mulai dari tingkat PPK yang dilaksanakan pada 16 - 21 Februari 2017. Untuk rapat pleno rekapitulasi tingkat Kota Cimahi akan dilakukan pada 22-24 Februari 2017,

    "Jika tidak ada gugatan, pada 8 Maret 2017 mendatang sudah bisa ditetapkan pasangan yang memenangkan Pilkada," terang Handi.

    Namun apabila jika dalam waktu 3 hari setelah penetapan hasil rekapitulasi ada gugatan dan sengketa yang dilayangkan Paslon pada Paslon peraih suara tertinggi, maka penetapan pasangan calon dilakukan setelah ada putusan dari mahkamah konstitusi (MK).

    Di Kota Tasikmalaya, hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan kemenangan pasangan nomor urut 2 Budi Budiman-Muhammad Yusuf dengan perolehan suara 39,98%, diikuti nomor urut 3 Dede Sudrajat-Asep Hidayat dengan 38,56% dan nomor urut 1 Dicky Candra-Denny Rhomdoni 21,46%.

    Hasil hitung cepat ini, diambil sampel dari 207 TPS secara acak dari jumlah TPS seluruhnya sebanyak 1.120 lokasi. Hasil itu menunjukkan angka partisipasi pemilih sebanyak 80,14 persen.

    "Margin error kurang lebih 1%, kalau ada perbedaan tak akan keluar dengan hasil real count KPU nantinya," jelas peneliti senior LSI Mohammad Khotib, saat konferensi Pers di Hotel Horison, Kota Tasikmalaya, Rabu (15/2/2017).

    Sementara itu, untuk Pilkada Kabupaten Bekasi, Jaringan Survei Indonesia (JSI) menyatakan pasangan calon patahana Neneng Hasanah Yasin-Eka Supriatmadja mengungguli empat pasangan calon lainnya. Pasangan nomor urut 5 ini memperoleh hasil yang meyakinkan, 42 % suara. Selanjutnya pasangan Saduddin-Ahmad Dhani berada di urutan kedua dengan 25%. Disusul pasangan independen Obon Tabroni-Bambang Sumaryana dengan 15%, Meliana Kartika Kadir-Abdul Kholik 9% dan Iin Farihin-KH Mahmud sebesar 6%.

    Bila hasil ini sama dengan penghitungan real count KPU nanti, maka dipastikan Pilkada Bekasi hanya 1 putaran. Soalnyam, pasangan Neneng Hasanah Yasin-Eka Supriatmadja melewati batas minimal 31%, sesuai dengan UU Pilkada. Di Indonesia, hanya Pilgub DKI yang menerapkan aturan pemenang Pilkada minimal 50% pulus 1 suara untuk bisa menang 1 putaran.

    Ketua KPUD Kabupaten Bekasi Idham Kholik, enggan mengomentari soal asil quick count tersebut. Menurut Idham, itu merupakan hak pasangan calon dan bukan menjadi tanggung jawabnya.

    "Menggunakan quick count dari lembaga survei merupakan hak politik para calon sehingga kami tidak bisa melarangnya," kata Idham, Rabu (15/2/2017).

    Hingga saat ini, lanjut Idham, lembaganya masih mengumpulkan formulir surat suara yang diisi oleh warga dari seluruh TPS. Dia mencatat, ada 3.984 TPS yang tersebar di 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi.

    "Surat suaranya belum terkumpul semua, sehingga kami belum bisa merilis. Termasuk jumlah partisipasi masyarakat di wilayah setempat, kami belum bisa merilisnya," ujar Idham.

    Berikut ini hasil sementara Pilkada 3 daerah di Jabar
    Kota Cimahi, hasil real count sementara KPU
    1. Paslon nomor urut 3 Ajay M Priatna-Ngatiana 41,49%
    2. Paslon nomor urut 2 Asep Hadad Didjaya-Irma Indriani 30,36 %
    3. Paslon nomor urut 1 Atty Suharti-Ahmad Zulkarnain 27,86%.
    Kota Tasikmalaya, hasil quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI)
    1. Paslon nomor urut 2 Budi Budiman-Muhammad Yusuf 39,98%
    2. Paslon nomor urut 3 Dede Sudrajat-Asep Hidayat 38,56%
    3. Paslon nomor urut 1 Dicky Candra-Denny Rhomdoni 21,46%
    Kabupaten Bekasi, hasil quick count Jaringan Survei Indonesia (JSI)
    1. Paslon nomor urut 5 Neneng Hasanah Yasin-Eka Supriatmadja 42%
    2. Paslon nomor urut 2 Saduddin-Ahmad Dhani 25%
    3. Paslon nomor urut 3 Obon Tabroni-Bambang Sumaryana 15%
    4. Paslon nomor urut 1 Meliana Kartika Kadir-Abdul Kholik 9%
    5. Paslon nomor urut 4 Iin Farihin-KH Mahmud 6%. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    BKPM Dukung Akselerasi Pemulihan Ekonomi Jabar
    Kualitas SDM dan Infrastruktur Jadi Daya Tarik Jabar di Sektor Investasi
    Ketua Kadin Jabar Siap Dorong Pemulihan Ekonomi Ditengah Pandemi
    Kalobarasi Jadi Kunci Kuatkan UMKM di Tengah Pandemi
    TNI Manunggal Membangun Desa Wujudkan Mimpi jadi Kenyataan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads