web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Sering Internetan Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur
    bet

    Sering Internetan Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur

    • Senin, 2 Februari 2015 | 06:21:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews - Orang yang suka internetan, diyakani bisa mengganggu kondisi kesehatan. Karena biasanya orang yang berlama-lama menghabiskan waktu depan computer, jarang bergerak, kurang tidur, dan matanya gampang iritasi.

    Namun penelitian di Italia menunjukkan, dalam kondisi tertentu sering membuka internet justru bisa membuat seseorang berumur lebih panjang. Penelitian yang dilakukan Dr Americo Bonanni dari Sacred Heart di Roma, mengungkap bahwa orang-orang yang selalu terhubung dengan internet cenderung jarang sakit. Meski kadang-kadang kurang gerak, orang yang seringa berinternet ria, diet atau pola makannya cenderung lebih sehat.

    Pola makan yang dimaksud yakni mengonsumsi buah-buahan dan ikan segar, yang biasa disebut dengan istilah Diet Mediterania. Jenis diet ini banyak direkomendasikan para ahli gizi ini sejak lama, karena diyakini baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

    Selain mengurangi risiko stroke dan serangan jantung, Diet Mediterania juga efektif mengurangi risiko kanker karena buah-buahan banyak mengandung antioksidan. Kalori dalam buah dan ikan segar juga lebih rendah dibanding makanan lain, sehingga lebih aman dari risiko kegemukan.

    "Hasil pengamatan terhadap 1.000 orang menunjukkan, orang yang sering terpapar informasi cenderung hidup dengan pola makan yang lebih sehat," kata Dr Bonanni yang mempublikasikan penelitian tersebut di International Journal of Public Health, seperti dikutip dari Dailymail.

    Namun tidak semua jenis aktivitas yang dilakukan di internet bisa memberikan manfaat hidup sehat. Internet hanya menyeharkan jika dipakai untuk mengakses informasi, bukan untuk menghabiskan waktu berjam-jam dengan bermain game online.

    Karena itu, kata Bonanni, efek serupa juga diperoleh ketika orang sering membaca koran atau menonton berita di televisi. Alasannya adalah media massa saat ini makin banyak menyajikan informasi kesehatan sehingga sangat efektif dalam penyampaian pesan.

    Meski begitu, tidak bisa dipungkiri baha penelitian terdahulu juga benar yang banyak mengaitkan internet dengan gaya hidup sedentary atau jarang berolahraga. Akibatnya, tidak sedikit para pecandu internet yang bermasalah dengan kegemukan dan berbagai komplikasinya termasuk sakit jantung dan diabetes. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    De Majestic jadi Pusat Seni dan Budaya Jabar
    Duta Besar Swedia Kolaborasi dengan Budi Dalton
    Terbukti Bersalah, Vanessa Divonis 5 Bulan Penjara
    2020 Produk Timberland 100 % Gunakan Daur Ulang
    Reopening Lois Jeans di Mall BIP Bandung

    Editorial