blog counter
PT POS

Hot News


JN-TAM

Opini


    Pupil Mata Putih pada Anak Lebih Bahaya

    • Minggu, 5 Februari 2017 | 22:46:00 WIB
    • 0 Komentar


    Pupil Mata Putih pada Anak Lebih Bahaya

    JuaraNews, Bandung – Menteri Kesehatan Nila Farid Muluk meminta masyarakat bersikap waspada dan hati-hati terhadap gejala pupil mata putih atau sering disebut leukocoria.

    "Kalau pada anak kecil, kita harus pikir, apakah ini katarak atau kanker mata," tutur Menkes Nila Moeloek saat meresmikan ruang bedah mata di RS Cicendo, Bandung, Minggu (5/2/2017).

    Pada peresmian tersebut, Menteri Kesehatan juga mengkampanyekan bahaya pupil mata, atau disebut juga dalam bahasa Indonesia sebagai penyakit mata kucing.

    Menurut Nila, gejala pupil putih merupakan suatu gejala yang ditimbulkan akibat adanya gangguan pada organ penglihatan. Nila meminta orang tua memeriksa lebih lanjut, jika anak-anak mengalami pupil putih. Secara umum, katanya, pupil putih dapat berarti katarak atau  kanker mata, atau juga retinoblastoma.

    "Pupil putih bukan hanya katarak pada anak-anak, salah satu penyebabnya adalah kanker. Kalau kanker bukan untuk melihat lagi, untuk  bertahan hidup,"  Nila Farid Moeloek dalam sambutannya.

    Katanya, gejala pupil putih memang kondisi yang jamak  pada anak-anak maupun orang dewasa. Pada kasus orang dewasa, biasanya pupil putih mencerminkan adanya penyakit katarak. "Tetapi kalau pada anak-anak, kita harus pikir, apakah ini katarak atau kanker mata," tutur Menkes.

    Ia menambahkan, pupil putih pada anak dinilai lebih membahayakan. Jika tidak awas, katanya, keselamatan jiwa anak-anak ini lebih rentan ketimbang pupil putih pada orang dewasa.

    Dikatakannya, kedua jenis gangguan itu disebabkan faktor yang berbeda. Pada orang dewasa, pupil putih disebabkan proses penuaan usia. Sementara kanker mata disebabkan bermacam hal, termasuk faktor keturunan dan terpaan virus tertentu.  (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Flyover Kopo Diuji Coba selama Sepekan
    Yana Mulyana Resmi Jabat Wali Kota Bandung, Gubernur Minta Komunikasi dengan Pemprov Ditingkatkan
    Wow, DPRD Kota Bandung Anggarkan Rp1 Miliar untuk Beli Ponsel Mewah di Tengah Pandemi Covid-19
    Mochtar Kusumaatmadja Bakal jadi Nama Jalan Gantikan Flyover Pasupati
    Cegah Penyebaran Omicron, Pemkot Bandung Tutup 3 Jalan Utama & Terapkan Ganjil-Genap di Gerbang Tol
    Berita Terdahulu

    Info Kota


    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads