web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Donor Darah Sehatkan Jantung
    net

    Donor Darah Sehatkan Jantung

    • Minggu, 1 Februari 2015 | 06:15:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews - Siapa pun tahu, mendonorkan darah bisa menolong orang lain yang membutuhkan. Namun di balik aksi mulia tersebut, tersimpan banyak manfaat bagi pendonor darah itu sendiri.

    Melakukan donor darah secara teratur sangat baik bagi kesehatan, salah satunya mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Pendonor rutin dapat menjaga kesehatan jantung dari terjadinya penyumbatan pembuluh darah,, karena dengan donor darah memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Produksi sel darah merah dalam tubuh juga semakin baik yang berdampak pada badan yang terasa lebih sehat.

    Perlu diketahui, tingginya kadar zat besi dalam darah ini akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

    Selain menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke, masih banyak manfaat donor darah, di antaranya:

    Turunkan Kolesterol

    Darah mengandung dua macam kolesterol, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Dan ketika melakukan donor darah, berarti turut menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

    Kontrol Tekanan Darah

    Volume darah akan lebih seimbang ketika darah didonorkan. Hal ini bisa mencegah terjadinya darah tinggi.

    Percepat Penyembuhan Luka

    Tubuh akan menyesuaikan diri terhadap berkurangnya sel darah merah ketika melakukan donor darah. Penyesuaian tubuh seperti itu pula yang terjadi ketika tubuh luka. Dampaknya, penyesuaian tersebut akan turut berpengaruh pada proses pemulihan luka.

    Kurangi Risiko Kanker

    Darah seringkali mengandung terlalu banyak zat besi yang didapat dari berbagai konsumsi makanan. Hal tersebut bisa membahayakan, terutama bagi jantung, serta meningkatkan risiko kanker. Jika perempuan secara alami melakukan penyeimbangan zat besi ketika menstruasi, laki-laki bisa memanfaatkan donor darah untuk melakukannya.

    Tingkatkan Sel Darah Merah

    Donor darah akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah. Namun tak perlu panik, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang hilang. Hasilnya, kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali mendonorkan darah.

    Turunkan Berat Badan

    Donor darah merupakan salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori sekitar 650. Itu jumlah kalori yang cukup banyak untuk membuat pinggang ramping, dan menurunkan berat badan sekitar 7%.

    Kesehatan Psikologis

    Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

    Deteksi Penyakit Serius

    Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Hali ini menjadi rambu peringatan agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan sendiri.

    Setelah menginjak usia 18 tahun, cobalah untuk membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Dan usia maksimal untuk melakukan kebiasaan baik ini adalah hingga berusia 60 tahun. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    De Majestic jadi Pusat Seni dan Budaya Jabar
    Duta Besar Swedia Kolaborasi dengan Budi Dalton
    Terbukti Bersalah, Vanessa Divonis 5 Bulan Penjara
    2020 Produk Timberland 100 % Gunakan Daur Ulang
    Reopening Lois Jeans di Mall BIP Bandung

    Editorial