Polisi Belum Tentukan Status Habib Rizieq
net Habib Rizieq

Polisi Belum Tentukan Status Habib Rizieq

  • Senin, 23 Januari 2017 | 21:12:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Setelah melaksanakan gelar perkara selama 9 jam pada Senin (23/1/2017) ini, penyidik Polda Jabar belum menentukan status hukum imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab.

Penyidik Ditreskrimum Polda Jabar masih butuh waktu untuk melengkapi alat bukti dan saksi kasus dugaan pelecehan lambang negara Pancasila ini. Hingga kini status Rizieq masih sebagai saksi.

"Hasilnya kemungkinan (penyidik) harus mencari beberapa saksi dan dokumen (alat bukti). Agar membuat terang perkara ini," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Senin (23/1/2017).

Gelar perkara kedua ini berlangsung sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB di Mapolda Jabar. Dalam gelar perkara ini, selain penyidik Polda Jabar, juga hadir Divisi Hukum, Irwasum, dan Bareskrim Mabes Polri.

Yusri menjelaskan,penyidik akan melakukan pemeriksaan lagi terhadap 3 saksi ahli dan saksi yang berada di lokasi kejadian. Keterangan dari para saksi itu nantinya untuk memperkuat alat-alat bukti yang sudah ada pada gelar perkara kedua ini.

"Sudah ada beberapa alat bukti, tapi masih harus ditambahkan lagi. Mudah-mudahan (pemeriksaan) bisa selesai pekan ini. Kemungkinan saksi yang sudah diperiksa juga akan kita panggil lagi untuk penguatan saja," ungkap dia.

Rizieq sendiri disangkakan Pasal 154 tentang Penodaan Pancasila dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara, dan Pasal 320 tentang Pencemaran Nama Baik dengan ancaman hukuman 9 bulan penjara.

"Jadi memang dua-duanya (pasal disangkakan) belum lengkap. Akan kami kuatkan saksi di tempat kejadian. Karena dalam pemeriksaan (terlapor) sempat tidak mengakui berada di lokasi, katanya (video) itu editan," ucap dia.

Sementara itu, selain tersangkut kasus penodaan Pancasila, Rizieq juga dijadwalkan akan dimintai keterangan perihal kasus dugaan makar. Pemeriksaan Rizieq dalam kasus tersebut dijadwalkan dilakukan pada Selasa (24/1/2017) besok.

"Iya rencananya Selasa besok diperiksa untuk kasus dugaan makar, tetapi kita lihat nanti perkembangannya karena yang bersangkutan juga kabarnya ada pemeriksaan di Polda Jawa Barat," terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Jakarta, Senin (23/1/2017).

Argo mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Jabar terkait dengan rencana pemeriksaan Rizieq dalam kasus makar ini. "Kalau besok ada pemeriksaan di Polda Jabar, ya kita reschedule jadwalnya. Kita utamakan dulu yang di Jabar," kata Argo.

Rizieq, menurut Argo, akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus dugaan makar untuk tersangka Sri Bintang Pamungkas dan kawan-kawan. Rizieq diduga mengikuti sejumlah pertemuan dalam kaitan dengan dugaan makar.

"Dia kan hadir di pertemuan-pertemuan itu. Dia, Munarman, dan Bachtiar Nasir. Itu yang akan kita kroscek kepada yang bersangkutan," terang Argo. (*)

den

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


263 Pasien Positif Covid19 di Jabar, 13 Diantaranya Sembuh
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Usul Bodebek Masuk PSSB Klaster Jakarta
Jabar Wajibkan Masyarakat Gunakan Masker Saat Keluar Rumah
SE Kemenag : Larangan Buka Puasa dan Sahur On The Road bersama Selama Ramadhan 1441 H
5.047 Pekerja di Jabar Di-PHK Akibat Penyebaran Virus Corona

Editorial