Hot News


JN-TAM

Inspirasi


    Atas Banjir, Basement Pagarsih Dibangun Tahun Ini Mobil hanyut ke Sungai Citepus di Jalan Pagarsih net

    Atas Banjir, Basement Pagarsih Dibangun Tahun Ini

    • Minggu, 22 Januari 2017 | 04:38:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pemkot Bandung menjanjikan kejadian banjir yang menghanyutkan sejumlah mobil di Jalan Pagarsih dan terpersook ke Sungai Citepus pada 2016 lalu, tidak akan terulang kembali tahun ini.

    Untuk mencegah peristiwa tersebut terulang kembali, pada 2017 ini Pemkot rencananya membangun basement air di bawah Jalan Pagarsih sehingga air bisa mengalir dengan lancar menuju hilir.

    "Basement air akan dibangun di bawah jalan dengan memperlebar Sungai Citepus, lebar 4 meter dan sepanjang 300 meter," ujar Kepala Pekerjaan Umum Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Sabtu (21/1/2016).

    Zul mengatakan, proyek Basement Pagarsih akan dilelang pekan depan dengan nilai kontrak mencapai Rp20 miliar. Saat ini, kata Zul, anggaran untuk mengatasi banjir di beberapa titik Kota Bandung sebesar Rp 100 miliar, masih dievaluasi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Sehingga proyek pembanguan bisa segera dilaksanakan. "Mudah-mudahan tak ada perubahan sehingga penanganan banjir sesuai rencana," ucap Zul.

    Secara umum, jelas Zul, selain membangun basement Pagarsih, Pemkot telah merancang program untuk mengatasi banjir di sejumlah wilayah Kota Bandung. Di antaranya dengan membangun danau retensi serta memperbesar gorong-gorong. Seperti danau retensi Babakan Jeruk, Kebon Jeruk, gorong-gorong Pasteur, danau retensi Sirnaraga, danau retensi Bima , danau retensi Cikutra (Taman Makam Pahlawan), danau retensi depan Pasar Gedebage dan memperbesar gorong-gorong Pasar Gedebage, dan Danau Retensi Sarimas.

    Lahan untuk membanguan danau retensi di 5 lokasi sudah dibebaskan dan tinggal membangun, yaitu di Gedebage, Sarimas Ujungberung, Babakan Jeruk, Ckutra, dan Jalan Bima.
    "Danau diperbanyak di Kota Bandung. Selain bisa mengatasi banjir di musim hujan, juga bisa sebagai persediaan air di musim kemarau," tandasnya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
     Pemkot Bandung Maksimalkan Pengelolaan Sampah Hulu ke Hilir
    Berbagai Elemen Masyarakat Sayangkan Demo Berujung Pengrusakan Fasilitas Publik
    Zona Oranye, Pemkot Bandung Belum Berencana Kembali Keluarkan Izin Operasional Tempat Hiburan
    9 Bioskop di Kota Bandung Kembali Beroperasi di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Daftarnya
    Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Berharap tak Ada Lagi Unjuk Rasa Berujung Perusakan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads