Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Hidup Sehat dengan Sarapan Rendah Kalori
    Ilustrasi

    Hidup Sehat dengan Sarapan Rendah Kalori

    • Kamis, 29 Januari 2015 | 06:30:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews - Sarapan disebut sebagai santapan yang paling penting dalam keseharian. Hal ini karena tubuh kita perlu energi cukup untuk mengawali aktivitas, setelah tubuh berpuasa saat tidur selama lebih kurang delapan jam sehari.

    Menu sarapan biasanya harus disajikan dengan cepat, mudah dan praktis. Namun jangan karena alasan harus cepat, lantas mengabaikan kandungan nutrisi dan kalori di dalamnya, terutama bagi Anda yang sedang diet.

    Jika biasanya Anda sarapan dengan makanan berat seperti nasi uduk atau lontong sayur, kini saatnya mengganti menu tersebut dengan menu sederhana namun tidak kalah mengenyangkan. Hindari makanan yang mengandung gula terlalu banyak karena akan membuat Anda cepat mengantuk. Berikut ini empat menu sarapan sehat dan rendah kalori, seperti dilansir Livestrong:

    Bubur Oatmeal

    Semangkuk penuh bubur oatmeal mampu membuat merasa kenyang sampai jam makan siang tiba. Karena terbuat dari biji gandum utuh, oatmeal melepas energi secara perlahan dan mampu menyimpan cadangan energi lebih lama dalam tubuh. Ditambah lagi, setengah cangkir oat hanya mengandung 150 kalori, memenuhi 15% asupan serat, dan 10% zat besi dari kebutuhan gizi harian.

    Telur

    Telur merupakan makanan yang ideal untuk sarapan karena kaya protein serta mudah dan cepat penyajiannya. Satu butir telur berukuran besar mengandung 70 kalori dan memenuhi 13% kebutuhan protein harian. Anda bisa membuat omelet dari dua butir telur yang hanya menghasilkan 150 kalori. Atau bisa membuat sandwich dari dua lembar roti panggang dengan isian telur rebus.

    Smoothies

    Jika Anda terlalu sibuk sehingga tidak sempat menyiapkan sarapan pagi yang utuh, coba lengkapi gizi pagi hari dengan cara diminum. Buatlah smoothie dari campuran satu cangkir susu skim dan pisang. Pisang bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin C, Vitamin b-6, magnesium dan potasium. Sementara susu memenuhi kebutuhan kalsium.

    Yoghurt

    Berbagai macam buah bisa Anda olah menjadi sarapan sehat kaya nutrisi yang rendah kalori. Yoghurt rendah lemak dengan topping buah segar atau potongan apel yang diolesi selai kacang bisa jadi pilihan tepat.

    Roti Gandum

    Roti gandum dengan isi telur atau daging asap, tomat dan daun selada adalah pilihan terbaik sebab mengandung nutrisi lengkap. Seperti karbohidrat kompleks, protein, serat dan vitamin. Tapi pastikan perbanyak sayuran daripada daging atau telur agar perut kenyang lebih lama hingga jam makan siang. Sebab serat memberi efek perut terasa penuh juga melancarkan saluran pencernaan.

    Buah

    Buah yang manis, kaya serat dan berair juga bisa jadi pilihan ideal untuk sarapan. Mengandung gula alami dan sedikit karbohidrat yang memberi tambahan energi, tapi ringan untuk dicerna tubuh. Tapi buah sifatnya mudah dicerna sehingga cepat membuat lapar. Karena itu makanlah secara repetitif. Misalnya mulai sarapan buah dari pukul 07.00, lalu makan lagi pukul 08.00 dan dilanjut pada pukul 10.00. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Resmikan Pernikahan Siri, Rachel dan Edwin Mengaku Bahagia
    Dapat Hewan Qurban, Ini Tips dan Cara Mengolah Daging Sapi
    Jangan Ada Diskriminasi, Pemerintah Harus Lindungi Pekerja Migran Indonesia
    Purna Pekerja Migran yang Sukses dan Jadi Bos Bukan Hal Aneh
    Berat Badan Turun Drastis, Daniar PiIih Muay Thai untuk Olahraga Kebugaran
    Berita Terdahulu

    Editorial