Latih Bela Negara FPI, Dandim Lebak Dicopot
twitter/dpp_fpi Letkol Czi Ubaidillah saat pelantikan bela negara

Latih Bela Negara FPI, Dandim Lebak Dicopot

  • Selasa, 10 Januari 2017 | 06:27:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Serang - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra mencopot jabatan Letkol Czi Ubaidillah sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 06/03 Lebak, Senin (9/1/2017).

Ubaidillah diberhentikan dari jabatanynya karena melakukan pelatihan semi militer kepada ormas Front Pembela Islam (FPI) tanpa izin.

“Saya perlu tekankan, memang hari Kamis tanggal berapa itu telah ada pelatihan bela negara yang dilakukan Kodim Lebak, khususnya di Koramil Cipanas,” ungkap Herindra seusai acara serah-terima jabatan Danrem 064/Maulana Yusuf dari Kolonel Inf Wirana Prasetya Budi ke Kolonel Czi Ito Hediarto di Alun-alun Barat, Kota Serang, Senin (9/1/2017).

Latihan bela negara di Lebak digelar untuk anggota Front Pembela Islam (FPI) Banten. Foto-foto latihan ketahanan dan ketangkasan yang diunggap DPP FPI sempat menjadi viral di media sosial.

Herindra mengaku sudah melihat dan memeriksa dokumentasi serta melakukan cross-check ke berbagai pihak. Ternyata pelatiihan bela negara itu tidak melalui standard operating procedure (SOP), sehingga Dandim dicopot.

“Seharusnya untuk kepelatihan bela negara harus melalui izin, mulai dari Dandim ke Danrem, Danrem nanti izin ke saya. Dan saya akan menentukan ya atau tidaknya,” tegas mantan Danjen Kopassus ini.

Kegiatan yang tak sesuai dengan SOP itu, menurut Herindra, tak boleh terjadi lagi. Untuk itu, dalam sertijab Danrem Banten, dia berpesan, kepada setiap komandan, kalau akan melakukan kegiatan harus ada izin jelas. "Kita ada hierarki. Kalau izin, tanggung jawab di saya. Pertimbangan ada di saya iya atau tidak,” tandas Herindra

Sebelumnya latihan bersama Bela Negara TNI dengan FPI diunggah melalui akun Twitter @DPP_FPI. Dalam latihan Bela Negara bersama juga dilaksanakan penanaman 10.000 pohon di Kabupaten Lebak. Disebutkan dalam keterangan foto, latihan melibatkan DPP FPI Banten dengan menggelar Pelatihan Pendahuluan Bela Negara (PPBN). Kegiatan Bela Negara tersebut dilangsungkan tanggal 5 sampai 6 Januari 2017. "TNI dan FPI menggelar PPBN serta tanam 10.000 pohon di Kabupaten Lebak Banten," tulis akun DPP FPI dalam foto yang diunggah Sabut (7/1/2017). (*)

den

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Terkait


Berita Lainnya


263 Pasien Positif Covid19 di Jabar, 13 Diantaranya Sembuh
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Usul Bodebek Masuk PSSB Klaster Jakarta
Jabar Wajibkan Masyarakat Gunakan Masker Saat Keluar Rumah
SE Kemenag : Larangan Buka Puasa dan Sahur On The Road bersama Selama Ramadhan 1441 H
5.047 Pekerja di Jabar Di-PHK Akibat Penyebaran Virus Corona

Editorial