Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Edi Darnadi Mundur,PAN Jabar Segera Gelar Muswilub
    istimewa Cecep Zafar Sofyan

    Edi Darnadi Mundur,PAN Jabar Segera Gelar Muswilub

    Edi Darnadi Mundur, PAN Jabar Segera Gelar Muswilub
    JuaraNews, Bandung - DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jabar bakal segera menggelar musyawarah wilayah luar biasa (Muswilub) menyusul mundurnya Edi Darnadi dari jabatan ketua DPW PAN Jabar, lebih dari 3 bulan lalu.

    Sekretaris Bidang Komunikasi Politik & Opini Publik DPW PAN Jabar Cecep Zafar Sofyan mengungkapkan, pengunduran diri Edi masih misterius, karena tidak disampaikan secara resmi dan terbuka di depan pengurus harian. Hal itu, kata Cecep, sempat menimbulkan spekulasi politik yang beragam.

    Respons pengurus harian atas mundurnya Edi, sebut Cecep, melahirkan 2 kutub pandangan. Pertama, tetap mempertahankan atau tidak menerima mundurnya Edi. Kedua, mengikhlaskan atau menerima mundurnya.

    Menurut Cecep, secara realitas kutub kedua lebih banyak, dengan dasar pertimbangan bahwa kesibukan mantan Kapolda Jabar tersebut di luar partai, sehingga praktis waktunya sangat terbatas untuk mengelola agenda dan program partai. Kendati masih ada Sekretaris DPW yang berperan mendayagunakan program internal partai, kenyataannya mandek dan tidak dapat mengikuti kehendak arus besar di internal. Selanjutnya terjadi krisis kepemimpinan politik di internal DPW PAN Jabar dalam beberapa bulan terakhir ini.

    "Yang krusial dihadapi internal DPW PAN Jabar hari ini adalah bukan sekadar penentuan figur pelaksana tugas (plt) untuk meneruskan estafet kepemimpinan politik pascapengunduran diri saudaraku Edi Darnadi. Tapi, jika merujuk pada hasil keputusan rapat harian secara simultan, peserta yang berdaulat, nampaknya mengarah ke Muswilub,“ kata Cecep dalam siaran persnya yang diterima JuaraNews.

    Cecep mengatakan,. setiap keputusan rapat selalu dilaporkan kepada Ketua Umum DPP PAN secara bertahap dan prosedural sebagaimana diatur AD/ART partai. Hal ini selalu dilakukan sebagai bentuk koordinasi dan apresiasi terhadap institusi partai dengan harapan bahwa DPP PAN segera menentukan figur pengganti. "Namun ternyata realitasnya tidak seperti kami duga dan bayangkan," ucapnya.

    Agenda dan program kerja DPW PAN Jabar, praktis berjalan kurang efektif karena kendala psikologis, tapi organisasi harus tetap berjalan karena sistem kolektif kolegial meskipun terkesan dipaksakan dan terkesan sporadis.

    "Interaksi politik secara ekternal terkait agenda politik strategis dengan pihak-pihak terkait, misalnya verifikasi dengan KPU, kerja sama antarparpol dan dengan para stakeholders lainnya, akan menjadi persoalan serius, dan implikasinya cukup luas, bukan semata administratif, tapi juga berdimensi politis” paparnya.

    Cecep menegaskan, dengan terjadinya krisis kepemimpinan tersebut, perlu digelar dialog terbuka dengan menghadirkan tokoh sentral PAN, Amien Rais.

    “Pak Amin sebagai pendiri partai sebaiknya turun langsung membuka dialog, mendengarkan secara utuh keluhan jajaran pengurus harian. Ini penting untuk mencairkan kebekuan politik. Karena disinyalir saudaraku Ketum DPP PAN tidak serius memikirkan persoalan yang dialami pengurus DPW PAN Jabar,“ pungkas Cecep. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tingkatkan Kualitas Perencanaan Pembangunan, Pemprov Kerja sama dengan IAP
    Sekda Jabar: Penyelamatan Dunia Usaha Perlu Intervensi Pemerintah
    Kemenkes: Belum ada Negara atau Lembaga yang Menemukan Obat Covid-19
    Soal Pembukaan Hiburan Malam di Bandung, ini kata Gubernur
    Selain Gubernur,  Forkopimda Jabar Siap Relawan Vaksin Covid-19   
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads