web stats service from statcounter

Hot News

  • Rumah Kontrakan Teroris Bom Panci Digeledah
    Rumah Kontrakan Teroris Bom Panci Digeledah
    • 27 Februari 2017 | 22:48:00 WIB

    RUMAH kontrakan terduga teroris Yayat Cahdiyat di Kampung Ciharashas RT 04/07, Desa Sirnagalih, Cilaku, Kabupaten Cianjur, digerebek petugas.

Inspirasi

    Polandia Borong Koleksi Seni Keluarga Czartoryski
    Lady with an Ermine karya Leornado da Vinci.

    Polandia Borong Koleksi Seni Keluarga Czartoryski

    • Selasa, 3 Januari 2017 | 16:20:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Keluarga bangsawan Czartorzyski menjual sebagian besar koleksi benda seni, buku, dan manuskrip penting dengan harga jauh di bawah pasaran. Kesempatan ini tak disia-siakan oleh Pemerintah Polandia. Semua benda seni dan artefak penting itu dibeli.

    Lukisan karya Rembrandt, Renoir, dan Leonardo da Vinci dijual dengan harga 100 juta Euro atau setara Rp1,4 triliun. Padahal nilai pasar lukisan-lukisan para maestro tersebut diperkirakan mencapai sekitar 2 miliar Euro (Rp28 triliun). Selain lukisan, koleksi yang dijual ke pemerintah terdiri atas 86.000 artefak, 250.000 manuskrip, dan buku. Sebagian besar karya seni itu kini berada di Museum Nasional di Kota Krakow.

    Kepala Keluarga Bangsawan Czartoryski itu mengatakan, penjualan itu merupakan bentuk sumbangan kepada negara. Pihak yayasan keluarga Czartoryski diwakili oleh Adam Karol Czartoryski bernegosiasi dengan Kementerian Kebudayaan Polandia. “Saya merasa seperti membuat donasi kepada negara dan itu pilihan saya,” kata Adam.  

    Kelompok konservatif dan Partai Keadilan dan Hukum Eurosceptic telah sejak lama mendorong nasionalisasi bisnis penting dan artefak-artefak budaya, sebagai bagian dari kebanggaan nasional. Menteri Kebudayaan Polandia Piotr Glinski mengemukakan, pembelian itu merupakan hak bangsa Polandia atas koleksi tersebut.

    Salah satu lukisan legendaris bernilai tinggi yang dijual keluarga Czartoryski adalah, Lady with an Ermine karya da Vinci dilukis pada 1490. Lukisan ini merupakan satu dari empat potret perempuan yang dilukis Leonardo da Vinci. Dalam lukisan itu tampil Cecilia Gallerani, perempuan muda di istana Milanese yang menjadi gundik Duke of Milan Ludovico Sforza. Nama panggilannya adalah cerpelai putih, sesuai binatang yang dipegang di tangannya.

    Lukisan itu dicuri dari Polandia oleh pasukan Nazi Jerman saat Perang Dunia II, tapi kemudian dikembalikan dan direstorasi. Pada 2014, teknik baru mengungkap bahwa lukisan itu telah berubah dua kali dengan gambar hewan cerpelai dalam versi terakhir. Kemudian, lukisan berharga yang juga dijual murah adalah, Landscape with the Good Samaritan karya Rembrandt. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Heboh 7 Planet Mirip Bumi
    Nicki Donnelly dan Era Bionik
    Pria Ini Terobsesi Jadi The Beast
    Pelayan Burger Nyambi Jual Ganja
    Pada Masa Lampau, Garam Berharga Selangit
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Mimilih Pemimpin yang Amanah
      Mimilih Pemimpin yang Amanah

      RABU (15/2/2017), bangsa Indonesia menggelar Pilkada Serentak 2017. Kita patut bersyukur Pilkada kali ini berlangsung aman dan lancar tanpa ada gangguan berarti.