Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Jalan Kaki Bikin Hidup Lebih Sehat

    Jalan Kaki Bikin Hidup Lebih Sehat

    • Minggu, 25 Januari 2015 | 06:30:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews - Berjalan kaki adalah olahraga yang paling murah dan paling mudah dilakukan. Itulah yang membuat jalan kaki menjadikan favorit banyak kalangan. Tak hanya menyenangkan, kegiatan yang satu ini ternyata juga memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

    Olahraga jalan kaki lebih baik dilakukan di pagi hari saat udara masih segar dan bersih dari polusi. Berjalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan anda, karena dengan berjalan kaki akan menjadi lebih bugar dan sehat.

    Berjalan kaki merupakan salah satu latihan yang membuat semua bagian tubuh ikut bergerak. Bila kita mencoba berjalan lebih cepat, ini akan meningkatkan denyut jantung dan memberikan kebugaran fisik.

    Berjalan kaki dapat pula membantu memperbaiki postur tubuh ketika kaki dan tubuh bergerak. Ketika berjalan kaki, semua bagian tubuh kita akan ikut bergerak dan kita pun lebih cepat mengeluarkan energi. Ini akan membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan.

    Selain memberi manfaat positif bagi kesehatan jasmani, kebiasaan berjalan santai juga berdampak baik bagi kesehatan mental. Dengan berjalan kaki juga membuat lebih cepat sembuh dari sakit dan tak mudah stres.

    Untuk awalnya, mulailah dengan perlahan, berjalan selama 5-10 menit pada hari pertama masih bisa diterima, yang terpenting adalah tidak mendapatkan luka atau sakit pada tubuh. Tambahkan 5-10 menit per minggu, lalu tingkatkan lagi hingga mencapai tujuan selama 45 menit sampai 1 jam, 5 sampai 7 hari seminggu, karena itu adalah waktu yang ideal untuk pemeliharaan glukosa darah.

    Manfaat kesehatan mulai bertambah saat 30 menit per hari. Hal yang paling penting dalam jalan kaki adalah menggunakan sepatu yang nyaman untuk kaki sehingga tidak menimbulkan cedera atau luka, sebaiknya gunakan walking shoes dan kaus kaki. Manfaat berjalan kaki sendiri, antara lain:

    Cegah Osteoporosis

    Untuk menjaga kesehatan tulang, tidak hanya dibutuhkan kalsium dan vitamin D, tapi juga gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya 10.000 langkah dan terkena sinar matahari pagi sekitar 15 menit sehari.

    Turunkan Berat Badan

    Berjalan kaki di pagi hari secara rutin dapat membakar kalori dalam tubuh karena semua otot tubuh bergerak. Pembakaran kalori tersebut akan lebih efektif lagi jika berjalan dengan cepat. Jadi mulailah bangun pagi dan jalan kaki secara rutin.

    Cegah Serangan Jantung

    Berjalan kaki secara cepat mampu mencegah penyakit jantung yang sangat mematikan tersebut. Juga memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung, dan ini sangat baik bagi kinerja jantung karena otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras.

    Turunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

    Berjalan kaki membuat tekanan darah jadi rendah dan mengurangipelengketan antarsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah. Saat tubuh bergerak, kolesterol baik (HDL) sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) juga meningkat.

    Cegah Diabetes

    Kencing manis tipe 2 biasanya diderita orang gemuk. Menggerakkan badan secara rutin terbukti mampu menjaga kadar gula. Berjalan kaki yang dinyatakan mampu mencegah diabetes yakni dengan kecepatan 6 km per jam selama 50 menit.

    Cegah Stroke

    Studi terbaru menyatakan bahwa berjalan kaki 20 jam dalam seminggu mampu menurunkan risiko serangan stroke sebanyak 2/3

    Jaga Kebugaran dan Kekebalan

    Berjalan kaki 3 kali dalam seminggu mampu meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernapasan secara signifikan. Dengan kondisi tubuh yang fit / bugar maka akan berbanding lurus dengan meningkatnya kekebalan tubuh.

    Hilangkan Stres/Depresi

    Selama berjalan, kekhawatiran tentang kehidupan akan berkurang karena otak melepaskan endorphin, yakni senyawa kimia yang membuat senang. Endorfin atau Endorphine menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat berenergi. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Resmikan Pernikahan Siri, Rachel dan Edwin Mengaku Bahagia
    Dapat Hewan Qurban, Ini Tips dan Cara Mengolah Daging Sapi
    Jangan Ada Diskriminasi, Pemerintah Harus Lindungi Pekerja Migran Indonesia
    Purna Pekerja Migran yang Sukses dan Jadi Bos Bukan Hal Aneh
    Berat Badan Turun Drastis, Daniar PiIih Muay Thai untuk Olahraga Kebugaran
    Berita Terdahulu

    Editorial