Hot News


JN-TAM

Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    Antisipasi Kenaikan Harga BBM...!

    • Selasa, 18 November 2014 | 19:21:00 WIB
    • 0 Komentar


    Antisipasi Kenaikan Harga BBM...!

    JuaraNews, Bandung – Presiden Joko Widodo sudah menetapkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium dan Solar masing-masing sebesar Rp2.000. Kenaikan harga Premium menjadi Rp8.500 dan Solar Rp7.500 sontak mendapatkan respons dari masyarakat, baik yang pro maupun kontra.

    Namun sekilas saja kita mengamati, sepertinya sebagian besar masyarakat Indonesia menolak keputusan tidak populis yang diambil pemerintahan Jokowi-JK tersebut. Apa sebab? Sepertinya semuanya sudah mahfum. Tidak perlu seorang analis atau ekonom hebat untuk menguraikan dampak yang disebabkan kenaikan harga BBM ini. Satu yang pasti, seperti kenaikan harga BBM sebelum-sebelumnya, begitu harga jual baru BBM diterapkan, harga-harga dan tarif-tarif semua sector perekonomian langsung melonjak tanpa menunggu aba-aba.

    Seperti juga pemerintah-pemerintahan sebelumnya, mulai dari Presiden Megawati hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kali ini pun Presiden Jokowi mempunyai 1001 alasan dalam menaikkan harga BBM subsidi, hingga mendekati harga keekonomisan yakni Rp10.000 per liter. Mulai dari membengkaknya subsidi BBM dalam APBN.

    Sebagai gambaaran, anggaran subsidi BBM dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014 mencapai Rp 246,5 triliun. Per 29 Agustus, belanja subsidi BBM mencapai Rp162,4 triliun atau 63%. Dengan dinaikkannya harga BBM, pemerintah mengklaim bisa menghemat anggaran hingg Rp100 triliun yang bisa dialihkan ke sektor-sektor produksi. Seperti menggulirkan sejumlah program sebagai konvensasi naiknya harga BBM, yakni program Indonesia Sehat dan Indonesia Pintar bagi masyarakat miskin.

    Namun satu yang tak bisa dihindari saat harga BBM dinaikkan, yakni melesatnya inflasi akibat naiknya harga-harga bahan kebutuhan pokok. Secara makro, kenaikan harga BBM ini akan langsung berdampak inflasi, di mana setiap kenaikan BBM Rp1.000 akan ada tambahan inflasi 0,3. Hal itu sudah terbukti pada kenaikan BBM delapan tahun lalu, yang menyebabkan angka kemiskinan naik dari 15% menjadi 17%. Kemiskinan akan semakin bertambah karena penghasilan masyarakat ekonomi lemah tidak bertambah sehingga daya beli melemah.

    Namun keputusan sudah dijatuhkan, dan harga Premiun dan Solar sudah dinaikkan mulai Selasa (18/11/2014) pukul 00.00 WIB. Dan semua konsekuensi harus ditanggung masyarakat. Tentunya sebagai masyarakat, kita tidak bisa ketika pemerintah keukeuh dengan keputusannya menaikkan harga BBM.  

    Satu yang diharapkan, pemerintah bisa mengantisipasi dampak ikutannya sehingga masyarakat bisa tetap hidup, menjalankan semua aktivitasnya tanpa terlalu terdampak dengan kenaikan harga BBM. Semoga! (*)

    <!-- [if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!-- [if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!-- [if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Constantia","serif"; mso-ascii-font-family:Constantia; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Constantia; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Memilih Pemimpin yang Amanah di Pilkada Serentak 2020
    Berdamai atau Hidup Tanpa Corona
    Jadi Pribadi yang Lebih Baik di Tahun Baru 2020
    Teloransi, Kebersamaan dalam Perbedaan
    Teladani Semangat Pahlawan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Tottenham Hotspur 11 24
      2. Liverpool 11 24
      3. Chelsea 11 22
      4. Leicester City 11 21
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Persib Bandung 3 9
      2 Bali United 3 7
      3 PSIS Semarang 3 6