Turnamen Piala AFF Akhirnya Resmi Diakui FIFA
Net

Turnamen Piala AFF Akhirnya Resmi Diakui FIFA

  • Kamis, 10 November 2016 | 02:17:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Sepak bola Asia Tenggara menerima kabar baik. Hal tersebut tidak terlepas dari keputusan Badan Sepak Bola Tertinggi Dunia (FIFA) yang akhirnya mengakui turnamen Piala AFF.

Dengan demikian, Piala AFF 2016 yang akan digelar 19 November akan meningkat dari segi prestise lantaran diakui FIFA sebagai turnamen dengan kategori A.

Pengakuan FIFA terhadap Piala AFF tidak terlepas dari peningkatan jumlah audiens televisi dan penonton yang datang menyaksikan turnamen yang digelar setiap dua tahun sekali ini.

"Kami baru saja menerima deklarasi dari Federasi Sepak Bola Asia (AFC) bahwa Piala AFF saat ini sudah mendapat poin peringkat internasional," kata Sekretaris Umum AFF, Datuk Seri Azzuddin Ahmad kepada ESPN FC.

Sebelumnya, Piala AFF dianggap FIFA sebagai turnamen yang tidak termasuk dalam kalender internasional. Hal tersebut membuat hasil tim di Piala AFF tidak dihitung dalam poin perhitungan FIFA.

"Kami memiliki 11 anggota yang membuat permohan kepada AFC. Dengan dukungan mereka, Piala AFF kini meningkat secara prestise.," ujar Azzuddin Ahmad.

"Turnamen ini tidak hanya menawarkan kegembiraan di wilayah ini, tetapi di seluruh dunia. Piala AFF adalah turnamen premier kami dan tugas kami untuk memasarkan secara komprehensif," tuturnya.

Salah satu bukti Piala AFF menjadi magnet perhatian di kawasan Asia Tenggara adalah tercatatnya rekor 192 juta penonton televisi saat Piala AFF 2010. Saat itu, Malaysia menjadi juara setelah mengalahkan Indonesia dengan agregat 4-2.

Azzuddin menjelaskan, salah satu kesepakatan yang dicapai adalah menghapuskan babak kualifikasi. Perubahan lain juga diusulkan untuk kejuaraan AFF adalah sistem kandang dan tandang pada fase penyisihan grup.

Pada Piala AFF 2016, Kamboja menjadi tim yang lolos dari babak kualifikasi. Otomatis, mereka berada di Grup B bersama Myanmar, Malaysia, dan Vietnam.

"Hanya ada dua grup dan tim bermain dengan sistem kandang dan tandang. Negara-negara akan dipilih berdasarkan poin peringkat mereka dan dengan cara undian. Langkah ini lebih aktraktif untuk nilai komersial," jelas Azzuddin.

Piala AFF 2016 akan digelar di Filipina dan Myanmar. Filipina Sports Stadium dan Memorial Rizal Stadium akan menjadi tempat digelarnya Grup A yang dihuni oleh Filipina, Thailand, Indonesia, dan Singapura.

Grup B dihuni Myanmar, Malaysia, Kamboja, dan Vietnam. Semua pertandingan di grup ini akan digelar di Stadion Thuwunna YTC di Yangon.(*)

 

fan

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Kembali ke Bandung, Pelatih PSS Siap Curi Poin di Kandang Persib
Soal Sponsor, Kemenpora Sebut Persib dan Persikabo Langgar Undang-Undang Olahraga
Berkompetisi di Liga 2 2020, Ini Target PSKC Cimahi
 4 Mantan Pemain Persib Perkuat PSKC di Liga 2 2020
Kalah 3-0, Pelatih Persela Akui Pemain Persib Lebih Berkualitas

Editorial


    Jadwal Liga


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 12 34
      2. Leicester City 12 26
      3. Chelsea 12 26
      4. Manchester City 12 25
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Persib Bandung 3 9
      2 Bali United 3 7
      3 PSIS Semarang 3 6