web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Ini Cara Alami Membasmi Jerawat
    net

    Ini Cara Alami Membasmi Jerawat

    • Selasa, 20 Januari 2015 | 08:00:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews - Jerawat merupakan salah satu masalah kesehatan pada kulit wajah yang selalu dikeluhkan. Kulit wajah yang berjerawat memang dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang juga menandakan bahwa dia kurang menjaga kebersihan wajahnya.

    Namun jerawat tidak hanya disebabkan kurang menjaga kebersihan wajah, ada pula beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan wajah berjerawat. Seperti perubahan hormonal, masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

    Berbagai cara pun terkadang dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang membandel, dan tak jarang memakan biaya yang tidak sedikit. Namun sebenarnya ada berbagai cara alami tanpa harus mengeluarkan biaya selangit, yakni:

    Usahakan mengurangi mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak seperti kacang-kacangan, cokelat, dan berbagai makanan lainnya yang banyak mengandung lemak. Banyaknya lemak di tubuh menyebabkan tubuh memproduksi minyak berlebih. Minyak berlebih tersebut akan menyumbat pori-pori pada kulit dan pada akhirnya membentuk gumpalan dan mengundang bakteri propionibacterium, yaitu bakteri penyebabjerawat.

    Usahakan menambah konsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan serta sayur-sayuran. Ini dikarenakan, makanan berserat akan melarutkan lemak jahat pada tubuh. Sehingga kadar minyak dalam tubuh pun ikut berkurang termasuk kandungan minyak berlebih pada kulit kita.

    Usahakan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita. Dalam hal ini yaitu air putih dengan kebutuhan 8 gelas perharinya. Fungsi air putih yaitu untuk membantu proses regenerasi pada kulit dan juga membersihkan kotoran dalam tubuh termasuk jerawat.

    Selalu rawat kebersihan wajah setiap hari dari kotoran dan debu. Rajin-rajinlah membersihkan muka sebelum atau sesudah beraktivitas.

    Sedangkan untuk menghilangkan jerawat, bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

    Putih Telur

    Caranya, pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.

    Pasta Gigi

    Satu hal yang perlu diingat di sini pasta gigi yang digunakan adalah yang bentuknya pasta bukan yang gel. Caranya hampir sama, yakni oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalaman kemudian bilas dengan air bersih.

    Tomat

    Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata, juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam (blackheads). Caranya, iris tomat menjadi dua, lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit hingga 1 jam kemudian bilas.

    Lidah Buaya

    Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, lalu oleskan di bagian yang berjerawat. Ulangi cara ini tiap pagi dan sore hari. Jika cukup telaten, jerawat akan mengering dan mengelupas dalam waktu tiga hari.

    Bawang Putih

    Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama, dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Cara kedua dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari.

    Jeruk Nipis

    Jeruk nipis memiliki kandungan citric acid yang dapat menghilangkan sel kulit mati penyebab jerawat. Caranya dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan beberapa tetes air mawar lalu oleskan ke wajah, diamkan sekitar 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pramugari Perhatikan Empat Hal Ini kepada Penumpang saat Terbang
    Toyota Starlet Segera Dibangkitkan, Ini penampakannya
    Hotel 88 Alun Alun Bandung Resmi Dibuka
    Atalia: Hindari 3 Masalah Remaja dengan jadi Generasi Berencana
    Riksa Budaya, Pelestarian Tiga Kekuatan Budaya di Jawa Barat

    Editorial