web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Meenakshiamma, Nenek Jagoan dari India

    Meenakshiamma, Nenek Jagoan dari India

    JuaraNews – Meenakshiamma yang akrab disapa Amma telah berusia 76 tahun. Meski begitu, dia masih lincah dan cekatan memainkan pedang, tombak, dan senjata lainnya. Tubuhnya bergerak ringan menebas pedang, menangkis serangan, dan berusaha menjatuhkan lawan.

    Sosok Amma jadi terkenal setelah video nenek jagoan ini diunggah ke Facebook. Video itu telah dilihat dan dibagikan ratusan ribu kali oleh netizen yang kagum akan ketangkasan nenek itu. Media India pun kemudian mengangkat profil dan merekam aktivitas sehari-hari nenek Amma.

    Amma merupakan salah satu pendekar Kalaripayattu, ilmu bela diri kuno khas India. Indianexpress.com, melansir nenek Amma telah mempelajari ilmu bela diri India kuno Kalaripayattu sejak kecil. Kini dia merupakan seorang guru besar Kalaripayattu. Dia memiliki ratusan murid, baik anak-anak maupun dewasa, laki-laki dan perempuan.

    Sekadar untuk diketahui, seni bela diri Kalaripayattu berkembang di selatan India. Ilmu bela diri ini telah diajarkan turun temurun sejak abad 2 Sebelum Masehi. Dalam kitab Sangam, Kalaripayattu umumnya diajarkan kepada para prajurit sebagai bekal untuk menghadapi pertempuran. Selain pernapasan, tenaga dalam, Kalaripayattu juga mengajarkan jurus-jurus tangan kosong, pedang, perisai, dan tombak.

    Kalaripayattu diyakini ilmu bela diri yang berasal dari Distrik Kerala, India. Dalam perkembangannya, silat kuno itu diajarkan di Tamilnadu. Bahkan di Kalaripayattu juga diajarkan di Sri Langka dengan nama Angampora.

    Saat ini, tak banyak orang yang menguasai ilmu bela diri Kalaripayattu. Karena itu, keberadaan nenek Amma memberi secercah harapan bagi India untuk melestarikan seni bela diri tradisional tersebut. Upaya yang telah dilakukan sejumlah pihak di India untuk melestarikan Kalaripayattu adalah dengan mengangkatnya ke layar lebar atau film.

    Sejumlah film laga India mengangkat Kalaripayattu yang khas, seperti Ondanondu Kaladalli (Kannada) yang dirilis pada 1996. Kemudian film Asoka (2001), The Myth (2005), The Last Legion (2007), Manarasa (2010), Commando (2013), dan Baaghi (2016). (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Bukan Sekadar Hotel, Savoy Homann Juga Jadi Museum
    Wow, Sepasang Sepatu Ini Dihargai Rp1,4 Miliar
    Kasus Unik. Keledai Makan McLaren 650S Spider
    Sedang Foto Pernikahan, Pria Ini Tolong Anak-anak
    Robot Kecoa Bantu Manusia saat Bencana
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      DATANGNYA bulan suci Ramadan ini begitu istimewa bagi kaum muslimin. Banyak makna yang terdapat di Bulan Puasa ini.