web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Koda, Rumah Siput Bongkar Pasang

    Koda, Rumah Siput Bongkar Pasang

    JuaraNews – Kodasema adalah sebuah proyek rumah portable yang dikerjakan oleh sejumlah insinyur asal Estonia. Hasilnya, mereka berhasil meniptakan Koda, rumah mungkin yang bisa dibawa ke mana pun.

    Meski mungil dengan ukuran 23 meter persegi dan bersifat portable, Koda dilengkapi satu kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi, teras, dan tangga kecil menuju ruang atas. Koda menjadi solusi bagi penyuka traveling. Cukup bawa mobil, angkut setiap bagian dari Koda dan siap dirakit di manapun kita suka.

    Para perancang membuat Koda dapat menghasilkan listrik sendiri sehingga cocok dibawa ke daerah terpencil, misalnya gunung atau tepi pantai. Rumah itu juga memiliki bagian-bagian untuk sambungan air, listrik, dan pembuangan limbah.

    “Sebagian besar kehidupan manusia tergantung kepada rumah dan lokasi yang sesuai dengan keinginan. Saat menentukan tempat tinggal, mungkin dua hal itu akan menjadi kendala. Rumah dan apartemen tak bisa berpindah tempat, tapi Koda bisa,” kata para perancang Kodasema kepada News com.

    Sat ini, Koda hanya dapat dibeli di Estonia. Harga Koda relatif sangat mahal, 126.000 Dolar Australia atau Rp1,3 miliar. Meski sangat mahal, Festival Arsitek Dunia pada November mendatang, memasukkan Koda dalam nominasi Rumah Mini Terbaik. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Lahan Parkir di Hong Kong Laku Rp8,8 Miliar
    Indahnya Patung Pasir Karya Toshihiko Hosaka
    Beruang Madu Masuk Rumah dan Main Piano
    Bergeun, Desa Yang Tak Boleh Dipotret
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.