web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Tebang Pohon Tanpa Izin Bakal Didenda Rp 5 Juta
    net

    Tebang Pohon Tanpa Izin Bakal Didenda Rp 5 Juta

    JuaraNews, Karawang - Penebang pohon di Kabupaten Karawang yang tanpa izin akan dikenakan denda hingga puluhan jutaan rupiah. Hal itu setelah Pemkab Karawang mengeluarkan Peraturan Bupati yang mengatur denda pelarangan penebangan dan memangkas pohon milik pemerintah tanpa izin.

    Kepala Bidang Penegakan Produk Undang-Undang Daerah Satpol PP Kabupaten Karawang Agus Mufti mengatakan aturan tersebut tertuang dalam Perbub Karawang Nomor 25 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pembebanan Biaya Paksaan Penegakan Hukum, yang merupakan turunan dari Perda Nomor 6 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan.

    “Adanya aturan ini maka penebang pohon tanpa izin di Karawang akan diberikan denda,” ucapnya Selasa (18/10/2016).

    Dia menyebutkan bagi siapa saja yang melakukan pemotongan atau pemangkasan pohon milik pemerintah tanpa izin akan didenda sebesar Rp 5 juta. Tujuan dari hal tersebut dilakukan untuk menjaga wilayah hijau di Kabupaten Karawang. Hingga kini pihaknya masih melakukan tahapan sosialisasi terkait Perbub yang baru dibuat tersebut.

    Menurutnya selain mengatur denda penebangan dan memangkas pohon milik pemerintah setempat tanpa izin tersebut, pihaknya juga mengatur sedikitnya 70 denda pelanggaran lainnya. Seperti pelarangan merokok di tempat umum, tidak menyediakan tempat sampah dipekarangan depan, naik atau turun dari kendaraan umum dari tempat yang dihentikan dan masih banyak lagi.

    “Denda yang diberikan masing bervariasi, dari tingkat pelanggaran yang ditentukan. Ada yang Rp 100 ribu hingga mencapai denda Rp 50 juta," sebutnya seraya menyebutkan tiga bulan ini masih dilakukan sosialisasi kemudian masa penegakannya akan efektif mulai 2017. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jalan Cianjur yang Terkena Longsor, Sudah Normal
    Timbun Limbah B3 Perusahaan Disegel Petugas KLHK
    Pemkab Karawang Diminta Cabut Izin Tambang Karst
    Pemkot Tasik Minta Tol Cigatas Jadi Prioritas
    Perkosa Nenek 80 Tahun, Pemuda Dituntut 8 Tahun
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google