web stats service from statcounter

Hot News

  • Kapten Persib Optimistis Lolos Fase Grup
    Kapten Persib Optimistis Lolos Fase Grup
    • 25 Januari 2017 | 01:06:00 WIB

    PERSIB berada di Grup 3 pada babak penyisihan Piala Presiden 2017 bersama PSM Makassar, Persiba Balikpapan, dan Persela Lamongan.

Inspirasi

    Musim Hujan Waspadai Virus Bersifat Zoonosis
    net

    Musim Hujan Waspadai Virus Bersifat Zoonosis

    • Selasa, 18 Oktober 2016 | 20:17:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Ciamis - Memasuki musim penghujan masyarakat diminta untuk mewaspadai virus sumber penyakit yang berasal dari hewan. Salah satu yang perlu diwaspadai yakni penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang disebarkan melalui urine tikus, leptospirosis.

    "Musim penghujan merupakan masa subur berkembang biaknya tikus, baik tikus rumah maupun sawah dan biasanya populasinya sangat banyak," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Ikan dan Kesehatan Veteriner, Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, Nugrahawati.

    Dia menjelaskan penyebaran penyakit tersebut biasanya melalui urine atau darah hewan yang sebelumnya terinfenksi bakteri leptospira. Selain tikus, beberapa hewan lain yang dapat menjadi pembawa leptospirosis, di antaranya anjing, babi.

    Virus itu bersifat zoonosis artinya penyakit hewan tersebut dapat menular kepada manusia baik melalui kontak langsung atau tanah yang telah terkontaminasi urine hewan pembawa bakteri tersebut.

    Menurutnya tikus lebih banyak bersarang di tempat yang lembab dan lingkungan kotor. Proses perkembang biakan tikus sangat cepat, sehingga dari sepasang tikus, hanya dalam kurun waktu singkat populasinya bertambah banyak.

    "Binatang pengerat, termasuk tikus perkembangbiakannya sangat cepat. Selain itu juga mudah menyebar,” kata dia.

    Tidak hanya itu banjir juga dapat meningkatkan potensi terjadinya penyebaran leptospirosis. Hal itu disebabkan karena banyak sekali media yang dapat menularkan penyakit tersebut ikut terbawa air. Beberapa gejala umum yang perlu diwaspadai terkena leptospirosis. “Gejala tersebut di antaranya menyerupai flu, demam tinggi , nyeri otot punggung, pusing, mual,radang pada bagian mata, meriang dan lainnya,” sebutnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemkab Garut Terus Tertibkan PKL di Zona Merah
    Perdagangan Ilegal Kukang Secara Online Marak
    Kejari Jemput dan Tahan 5 Terpidana Kasus Berbeda
    Uang ADD Rp 33 Juta yang Akan Dibagikan Dicuri
    Pasien Thalasemia di Cianjur Sulit Dapatkan Darah
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Harapan Baru di Tahun Baru
      Harapan Baru di Tahun Baru

      HARI Minggu bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2017, hampir seluruh umat manusia di dunia ini merayakan malam pergantian tahun atau dikenal dengan malam Tahun Baru.