web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Usai Apel Bupati Sidak Pungli di Disdukcapil
    net

    Usai Apel Bupati Sidak Pungli di Disdukcapil

    • Senin, 17 Oktober 2016 | 19:25:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Senin (17/10/2016). Sidak dilakukan seusai apel pagi untuk menyelidiki apakah ada praktik pungutan liar (pungli) di instansi tersebut.

    Rudy mengaku terkejut dengan adanya laporan terkait dugaan praktik pungli oleh oknum petugas pelayanan di kantor itu saat mengurus pembuatan administrasi kependudukan.  Adapun dugaan pungli di Disdukcapil dengan besaran antara Rp 50.000 sampai dengan Rp 100.000.

    Usai sidak dia menyebutkan di Kabupaten Garut ada empat dinas yang rawan melakukan pungli, yaitu Disdukcapil, BPMPT, Dinas Perhubungan dan DPPKA. Praktik pungli memang tidak ditemukan langsung pada saat sidak namun warga yang membuat administrasi kependudukan kerap menitipkan dana pada petugas baik yang ada di kecamatan dan petugas desa.

    "Empat dinas itu rawan pungli walaupun sulit untuk bisa menangkap tangan lansung pelakunya,” kata dia.

    Warga yang menitipkan pada petugas untuk pembuatan administrasi kependudukan, biasanya yang desanya jauh dari pusat kota dan mereka enggan untuk mengambil langsung ke dinas. Untuk itu pihaknya juga akan terus mengawasi empat dinas yang memang dianggap bermasalah dan rawan praktek pungli tersebut.

    Kepala Disdcukcapil Kabupaten Garut Darsani mengakui jika kerap terjadi pungli di dinas yang dipimpinnya. Namun hal itu kebanyakan dilakukan oleh mereka yang menjadi calo. "Yang berbuat pungli itu adalah para calo tapi tidak menutup kemungkinan petugas juga ada yang terlibat," terangnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jalan Cianjur yang Terkena Longsor, Sudah Normal
    Timbun Limbah B3 Perusahaan Disegel Petugas KLHK
    Pemkab Karawang Diminta Cabut Izin Tambang Karst
    Pemkot Tasik Minta Tol Cigatas Jadi Prioritas
    Perkosa Nenek 80 Tahun, Pemuda Dituntut 8 Tahun
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google