web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Cianjur Nomer 1 Daerah Rawan Bencana di Indonesia
    net

    Cianjur Nomer 1 Daerah Rawan Bencana di Indonesia

    • Senin, 17 Oktober 2016 | 19:18:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Cianjur - Kabupaten Cianjur masuk dalam peringkat pertama sebagai daerah atau wilayah yang rawan terjadi bencana alam banjir dan longsor di Indonesia. Hal itu berdasarkan rilis dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak tahun 2013 lalu.

    “Cianjur masih masuk ke dalam peringkat pertama sebagai daerah yang rawan bencana. Untuk itu kami terus berupaya melakukan antisipasi dan osialisasi kepada masyarakat terutama yang berada di daerah rawan bencana agar tetap waspada,” terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Asep Suparman.

    Asep mengatkaan tidak mengetahui persis dasar penentuan status Cianjur masuk urutan teratas secara nasional sebagai daerah rawan bencana alam. Karena sebelumnya Cianjur ada di peringkat 11 tapi sejak tahun 2013 naik menjadi teratas dan hingga saat ini peringkatnya masih seperti itu.

    Menurutnya sebagai daerah yang paling rawan bencana alam langkah antisipasi kesiapsiagaan terjadinya bencana terus dilakukan. Dukungan anggaran pemerintah menjadi satu bentuk antisipasinya. Sedangkan pemerintah daerah selama ini menyiapkan anggaran non budgeter yang ketika diminta langsung akan dicarikan.

    “Kewenangannya ada di bupati tapi untuk bencana anggaran non budgeter ini selalu direalisasikan,” ucapnya.

    Sementara itu untuk menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini dengan curah hujan sangat tinggi, 18 personel pengendalian operasi (Dalops) disiagakan selama 24 jam. Mereka sewaktu-waktu siap diterjunkan kelokasi bencana, tergantung kapanpun dibutuhkan. “Saat ini kami siagakan perosnel Dalops selama 24 jam sebagai bentuk antisipasi,” kata dia. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jalan Cianjur yang Terkena Longsor, Sudah Normal
    Timbun Limbah B3 Perusahaan Disegel Petugas KLHK
    Pemkab Karawang Diminta Cabut Izin Tambang Karst
    Pemkot Tasik Minta Tol Cigatas Jadi Prioritas
    Perkosa Nenek 80 Tahun, Pemuda Dituntut 8 Tahun
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google