web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Misteri 400 Jejak Kaki Manusia Purba

    Misteri 400 Jejak Kaki Manusia Purba

    • Senin, 17 Oktober 2016 | 15:42:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Engare Sero yang terletak 14 kilometer dari Gunung Berapi Ol Doinyo Lengai, di Maasai, Tanzania, beberapa pekan terakhir, jadi terkenal ke seluruh dunia, terutama di kalangan geolog dan paleontolog.

    Pasalnya, belum lama ini, peneliti menemukan 400 jejak kaki manusia purba dewasa dan anak-anak. Jejak kaki yang terawetkan oleh lumpur tersebut berusia antara 5.000-19.000 tahun. Para geolog dan paleontolog yakin, itu adalah jejak manusia modern (Homo Sapiens).

    Mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain (nomaden) untuk mencari hunian yang aman, subur, dan nyaman. Jejak-jejak kaki itu  milik sekitar belasan orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, melintasi lumpur bersama-sama kearah barat daya. Mereka berjalan pelan 12 menit per mil.

    “Saat pertama kali kami ke sana, saya meneteskan air mata. Asal-usul manusia adalah hal yang sangat penting bagi saya, dari mana kita berasal dan mengapa kita, dan siapa kita. Hal tersebut tentunya sangat menjadi emosional untuk melihat sejarah keberadaan kita,” kata Cynthia Liutkus-Pierce, ahli geologi dari Appalachian State University dari National Geographic.

    Yang unik dari kawasan Engare Sero, ujar Cynthia, kawasan yang terletak sebelai selatan Danau Natron itu, tak terdapat situs peninggalan manusia purba. Sebelum jejak kaki purba itu ditemukan, para ahli tak pernah menyangka wilayah itu pernah dihuni manusia. “Jejak ini membantu mengungkap keberadaan dan peradaban Homo Sapiens awal di Bumi,” ujar dia.

    Sebelumnya, paleontologi menemukan 700 fosil jejak kaki purba yang tercetak di lumpur sejak 20.000 tahun lalu di situs Willandra Lakes, Australia. Jejak Homo Sapiens purba juga ditemukan di pesisir pantai Afrika Selatan yang diperkirakan berusia 120.000 tahun lampau.

    Jejak kaki manusia purba juga ditemukan di situs Laetoli, Tanzania, 96 km barat daya Engare Sero. Cetakan telapak kaki itu diperkirakan berusia 3,6 juta tahun dan diduga milik manusia purba keturunan Australopithecus Afarensis. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ini Dia Hotel Es Pertama di Dunia
    Pesta Ultah, 1 Juta Undangan
    Fosil Manusia Purba di Antikythera
    Superman India Angkat Motor dengan Kepala
    Ribuan Prasasti Ungkap Kehidupan Yordania Kuno
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google